Mohon tunggu...
nelipurwanti
nelipurwanti Mohon Tunggu... Administrasi - karyawan swasta

saya adalah mahasiswi universitas pamulang jurusan sastra indonesia minat saya adalah membaca

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pentingnya Korespondensi Dalam Komunikasi Bisnis

19 Desember 2024   21:20 Diperbarui: 19 Desember 2024   21:20 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : media indonesia 

PENDAHULUAN

Di era globalisasi saat ini, penjual dan pembeli kini dapat dengan mudah melakukan transaksi seperti  penawaran barang, permintaan barang, pesanan barang sampai pengiriman dan penyelesaian pembayaran, semua itu dapat dilakukan dengan mudah walaupun jarak antara penjual dan pembeli saling berjauhan. Sebagian besar komunikasi dilakukan melalui surat dan tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Oleh karena itu, kurangnya dukungan dapat memperlambat transaksi bisnis atau menyebabkan terhenti.

Surat dari masing-masing organisasi menjadi penting karena dapat digunakan oleh masyarakat sebagai alat evaluasi organisasi. Surat-surat yang buruk tidak hanya mencoreng reputasi organisasi tetapi juga menyia-nyiakan lembaga eksekutif. Dalam organisasi besar, peran komunikasi dalam berkomunikasi antar kantor pusat, cabang, atau cabang yang tersebar di berbagai kota tidak bisa dianggap remeh. Komunikasi adalah alat penting dan esensial bagi perusahaan multinasional dengan anak perusahaan di seluruh dunia

Oleh karena itu, komunikasi merupakan aset berharga dalam hubungan internal dan eksternal organisasi, namun aset potensial ini dapat berubah menjadi liabilitas (biaya) jika dikelola dengan buruk atau tidak tepat. Suatu transaksi yang direncanakan dengan baik hanya dapat dibatalkan jika surat yang ditulis salah melukai perasaan salah satu pihak yang bertransaksi. Hubungan baik yang terjalin antara penjual dan pembeli bisa memburuk jika pembeli salah menulis surat.

PEMBAHASAN

Definisi korespondensi adalah komunikasi antara seorang pegawai dengan orang lain, antara pegawai dengan instansi atau sebaliknya, antara pegawai dengan organisasi atau sebaliknya, antara instansi dengan instansi, antara organisasi dengan organisasi dan sebagainya dengan menggunakan surat sebagai media (Priansa dan Garnida, 2013:56). Sedangkan menurut Sugiarto dalam bukunya Jimmy L. Goal menjelaskan pengertian korespondensi sebagai suatu kegiatan saling berkirim surat oleh perseorangan atau oleh organisasi (2008:23)

Korespondensi atau surat-menyurat termasuk dalam bagian yang penting dalam bisnis. Korespondensi adalah istilah lain dari surat menyurat, surat diartikan sebagai salah satu alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain. Pihak lain disini dapat diartikan individu atau organisasi. Dalam penyusunan korespondensi harus memperhatikan berbagai unsur-unsur dalam pembuatannya yaitu dari segi tulisan dan pemakaian bahasa yang benar dan tepat.

A. Pengertian Surat Bisnis

Menurut Djoko Purwanto ( 2006:2) surat bisnis adalah surat yang digunakan oleh seseorang, lembaga organisasi, atau institusi untuk menyampaikan pesan -- pesan bisnis secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu

B. Fungsi Surat Bisnis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun