Setiap anak pasti mengalami perkembangan kognitif. Perkembangan itu bertahap dari yang semula tidak bisa menjadi bisa dan yang semula tidak tahu menjadi tahu. Setiap tahap terkait dengan usia dan terdiri dari proses berpikir yang berbeda. Menurut Jean Piaget, bertambahnya pengetahuan tidak membuat anak maju terus, Kualitas perkembangan bervariasi. Menurut Jean Piaget ada 4 tahap perkembangan kognitif pada anak diantaranya:
- Tahap 1 : Sensorimotor (0-2 tahun),
- Tahap 2 : Pra-Operasionall (2-7 tahun),
- Tahap 3 : Operasional Konkret (7-11 tahun),
- Tahap 4 : Operasional Formal (11 tahun sampai dewasa).
Pada tahap ke 3 menurut Jean Piaget yang berlangsung sekitar 7 hingga 11 tahun. Pada usia ini disebut dengan masa kanak-kanak tengah dan akhir. Pada tahap ini anak-anak dapat melakukan operasi, dan pemikiran logis menggantikan pemikiran intuitif sejauh pemikiran dapat diterapkan pada contoh spesifik atau konkret.
Misalnya, seorang pemikir operasional konkret tidak dapat membayangkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan persamaan aljabar yang terlalu abstrak untuk dipikirkan pada tahap perkembangan tersebut. Langkah tindakan ini hanya dapat menginterpretasikan objek konkrit. Oleh karena itu, dari perspektif pemrosesan informasi, akan dibenarkan jika objek disajikan dan disajikan secara konkret, karena pemikiran abstrak belum dapat diterapkan pada tahap ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H