Halo sobat baca! Saya Nela Septiani Samarurok, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya ingin berbagi tentang pentingnya HR didalam suatu perusahaan
Selamat membaca...
HR (human Resources) itu adalah suatu organisasi yang berperan penting buat perusahaan untyk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan dan juga memiliki tanggung jawab perhadap pengelolaan karyawan. Selain tanggung jawab yang dimiliki,HR juga memiliki tugas-tugas yang wajib diketahui nih,
- Merekrut karyawan baru, seorang HR harus memahami kebutuhan para karyawan dan kebutuhan perusahaan sehingga dalam melakukan seleksi harus dengan sesuai yang dibutuhkan serta dengan posisi yang tepat. Sehingga karyawan yang baru juga mampu bekerjasama dan memiliki tangung jawab.
- Menjalankan payroll,setiap mendekati hari gajian para HR sibuk menghitung jumlah absen para karyawan yang ada serta komponen lainnya yang berkaitan tentang SDM. HR juga bertugas memastikan bahwa setiap karyawan menerima gaji  sesuai dengan porsinya masing-masing.
- Mendisiplinkan karyawan, HR juga bertugas dalam mengevaluasi kinerja para karyawan agar tetap selalu pada aturan,menegur dengan cara yang baik pada saat ada karyawan yang kinerjanya kurang atau tidak sesuai sehingga karyawan juga mendapatkan semangat yang baru saat memulai pekerjaan.
- Mengelola database karyawan, HR juga bertanggung jawab dalam mengelola data karyawan. Dengan data-data ter-update yang dimiliki HR akan dapat berfungsi untuk kemajuan perusahaan dimasa depan,seperti nama,alamat,nomor telepon dan lain-lain yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan natinya jika ada sesuatu yang darurat.
- Memberikan perubahan kepada perusahaan, HR juga bertugas untuk memberikan perubahan-perubahan pada perusahaan atau menyarankan sehingga perusahaan juga tetap update dengan masa-masa terkini,namun perlu diingat dalam melakukan perubahan harus ada alasannya dan tidak dilakukan dengan sembarangan.
Nah guys menjadi seorang HR bukanlah hal yang mudah, banyak tugas dan tanggung jawab yang perlu kita jalankan, kita belajar untuk saling perduli terhadap sesama. Seorang HR juga harus tetap menjaga rahasia terhadap sesama karna keluhan,data para karyawan ada pada kita,jadi dengan tanggung jawab yang diberikan semoga seorang HR dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sukses.Â
teman-teman terima kasih sudah menyempatkan waktu buat membaca,maaf jika ada penulisan kata semoga tulisan ini dapat membantu dan sukses...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H