Mohon tunggu...
Nela Septiani Samarurok
Nela Septiani Samarurok Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || STP Trisakti Jakarta || Jurusan D-4 Perhotelan

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti || Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || Jurusan D-4 Perhotelan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

3 Etiket dalam Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan

22 Februari 2022   23:51 Diperbarui: 23 Februari 2022   00:01 675
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

Halo sobat baca! Saya Nela Septiani Samarurok, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara beretiket baik dalam memberikan pelayanan,sehingga pelayanan kamu lebih baik.

Selamat membaca...

Etiket secara keseluruhan dapatdiartikan adalah Bagaimana cara kita berbicara, melakukan panggilan telepon. Cara kita berpakaian, cara duduk kita, cara menerima tamu, cara jalan, duduk, makan ataupun minum, bertamu dll. Berikut ada beberapa etiket dalam pelayanan

  • Etiket dalam menerima tamu

  • "menghormati tamu", adalah alasan utama dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Sehingga kita dituntut, baik secara fisik ataupun penampilan agar dapat disebut "pantas " agar dapat  memberi hormat kepada tamu. Baik dari cara kita berpakaian, cara menyambut dan cara berbicara kita yang dimana ini merupakan bagian dari pelayanan etiket dalam menerima tamu.

  • Etiket berbicara

  • Berbicara dengan sopan saja tidak cukup, namun sikap dan bahasa tubuh kita  menjadi bagian dari keseluruhan etiket berbicara. Etiket dalam berbicara dengan orang yang tidak dikenal tentunya berbeda pada saat kita berbicara kepada teman, tamu, atasan atau orang yang lebih dituakan. Dalam etiket berbicara mengenal karakter dan pribadi orang yang diajak berbicara menjadi penting dan menentukan cara berbicara kita, seperti contoh kita harus tau kapan waktu bercanda, kapan waktu serius atau atau kapan waktunya tertawa.

  • Etiket makan bersama

  • Tata cara kita dalam mengambil makanan ataupun lauk yang memiliki jarak dari tempat duduk kita dari makanan tersebut..
  • Bagaimana cara kita membersihkan kotoran gigi setelah kita selesai makan;
  • Bagaimana jika harus makan dengan tangan (tidak menggunakan sendok garpu)
  • kebiasaan meninggalkan tempat duduk terlebih dahulu, apalagi jika Anda termasuk muda dan selagi yang lain masih makan

nah,teman-teman inilah etiket dalam pelayanan yang harus kita ketahui sama-sama sehingga kita juga lebih mudah memberikan pelayanan yang baik kepada tamu. terima kasih sudah menyempatkan waktu buat membaca dan maaf jika ada kesalahan penulisan.

byeee

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun