Â
Halo sobat baca! Saya Nela Septiani Samarurok, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara beretiket baik dalam memberikan pelayanan,sehingga pelayanan kamu lebih baik.
Selamat membaca...
Etiket secara keseluruhan dapatdiartikan adalah Bagaimana cara kita berbicara, melakukan panggilan telepon. Cara kita berpakaian, cara duduk kita, cara menerima tamu, cara jalan, duduk, makan ataupun minum, bertamu dll. Berikut ada beberapa etiket dalam pelayanan
- Etiket dalam menerima tamu
- "menghormati tamu", adalah alasan utama dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Sehingga kita dituntut, baik secara fisik ataupun penampilan agar dapat disebut "pantas " agar dapat  memberi hormat kepada tamu. Baik dari cara kita berpakaian, cara menyambut dan cara berbicara kita yang dimana ini merupakan bagian dari pelayanan etiket dalam menerima tamu.
- Etiket berbicara
- Berbicara dengan sopan saja tidak cukup, namun sikap dan bahasa tubuh kita  menjadi bagian dari keseluruhan etiket berbicara. Etiket dalam berbicara dengan orang yang tidak dikenal tentunya berbeda pada saat kita berbicara kepada teman, tamu, atasan atau orang yang lebih dituakan. Dalam etiket berbicara mengenal karakter dan pribadi orang yang diajak berbicara menjadi penting dan menentukan cara berbicara kita, seperti contoh kita harus tau kapan waktu bercanda, kapan waktu serius atau atau kapan waktunya tertawa.
- Etiket makan bersama
- Tata cara kita dalam mengambil makanan ataupun lauk yang memiliki jarak dari tempat duduk kita dari makanan tersebut..
- Bagaimana cara kita membersihkan kotoran gigi setelah kita selesai makan;
- Bagaimana jika harus makan dengan tangan (tidak menggunakan sendok garpu)
- kebiasaan meninggalkan tempat duduk terlebih dahulu, apalagi jika Anda termasuk muda dan selagi yang lain masih makan
nah,teman-teman inilah etiket dalam pelayanan yang harus kita ketahui sama-sama sehingga kita juga lebih mudah memberikan pelayanan yang baik kepada tamu. terima kasih sudah menyempatkan waktu buat membaca dan maaf jika ada kesalahan penulisan.
byeee
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H