Mohon tunggu...
Khairun Nida An Nasha
Khairun Nida An Nasha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Dibuat untuk memenuhi tugas perkuliahan

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pentingnya Tata Ruang Kantor yang Baik untuk Meningkatkan Kenyamanan Kerja

20 Oktober 2024   15:20 Diperbarui: 20 Oktober 2024   16:08 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kantor MTs. Nurul Falah Gunungsindur

Salah salah faktor penting yang bisa menentukan kelancaran dalam menjalankan pekerjaan di kantor adalah penyusunan tempat kerja dan juga alat-alat perlengkapan kantor, atau biasa disebut juga dengan tata ruang kantor.

Tata ruang kantor adalah pengaturan ruang serta penyusunan dan perabotan kantor sesuai dengan luas lantai yang tersedia, yang nantinya bisa memberikan kepuasan dan kenyamanan karyawan atau pegawai yang bekerja di dalamnya. Sehingga ruang kantor bukan hanya sebagai tempat penyimpanan peralatan saja, tapi bisa juga buat pegawai atau tamu yang datang merasa nyaman dengan ruang kantor tersebut. Tata ruang kantor juga berpengaruh terhadap kelancaran dan juga efektivitas kerja pada karyawan. 

Pengaturan perabot dan perlengkapan kantor, serta pengaturan lingkungan tempat kerja yang efektif dan efisien bisa memberikan kepuasan kerja pada karyawan. Sehingga adanya tata ruang kantor ini menjadi bagian penting, karena ikut menentukan selesai atau tidaknya suatu pekerjaan kantor. Dengan penataan ruang kantor yang baik membuat karyawan di dalamnya merasa nyaman, lingkungan kantor yang nyaman ini bisa meningkatkan motivasi dan kepuasan karyawan ketika bekerja. 

Ada beberapa faktor dalam tata ruang kantor di mana dalam hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan para karyawan. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor. 

Yang pertama tata letak, menjadi faktor penting karena dengan tata letak yang baik ini bisa membuat pekerjaan lebih lancar dan mengurangi gangguan. Yang kedua yaitu egronomi, penggunaan peralatan yang tidak egronomis bisa menyebabkan risiko cedera. Contohnya karena posisi duduk yang tidak benar yang mungkin saja disebabkan karena kursi kantornya kurang nyaman untuk karyawan. Yang ketiga yaitu fleksibilitas, dalam tata ruang kantor artinya ruang kerja bisa disesuaikan sama kebutuhan yang bakalan berubah-ubah. Contohnya ruang meeting bisa jadi area kerja tim ketika tidak ada rapat, jadi bisa lebih efisien. Dengan adanya fleksibilitas dalam tata ruang kantor bisa bikin suasana kerjanya lebih nyaman produktif dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Dan yang terakhir adalah privasi dalam tata ruang kantor penting untuk membantu karyawan fokus dan nyaman saat melakukan pekerjaan. 

Jadi dengan penataan ruang kantor yang baik dan benar bisa membuat para karyawan dan tamu yang datang merasa nyaman. Selanjutnya pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan fokus tanpa adanya hambatan yang datang. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun