Mohon tunggu...
Nabilla AyuYasintha
Nabilla AyuYasintha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bonheur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pembelajaran Daring dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19

23 Juli 2021   11:15 Diperbarui: 23 Juli 2021   19:15 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KKN UPI: PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) YANG EFEKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19

Saya merupakan salah satu mahasiswa yang mengikuti program KKN Tematik jilid 1. KKN Tematik jilid 1 ini dilakukan pada tanggal 16 November -- 30 Desember 2020. KKN kali ini memfokuskan pada Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi.

Selaku untuk menghindari penyebaran pandemi Covid- 19, pemerintah menghasilkan kebijakan agar sekolah- sekolah melakukan pembelajaran daring (belajar dari rumah). Mulai 16 Maret 2020 sekolah mempraktikkan metode pembelajaran pendidikan siswa secara daring. Covid- 19 merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh tipe coronavirus yang baru ditemui. Corona Virus Disease 2019( COVID- 19) awal kali ditemui di kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Virus ini meluas sangat cepat serta sudah menyebar nyaris ke seluruh negeri, Indonesia salah satunya, dalam waktu yang sangat cepat setengah bulan saja. Bertepatan pada 11 Maret 2020 WHO menetapkan wabah ini sebagai pandemi global.

Pemerintah Indonesia sudah banyak menghasilkan kebijakan terpaut penangkalan penyebaran Covid 19 yang berakibat pada keadaan internal serta eksternal daerah pemerintahan Indoneisa. Perihal tersebut membuat sebagian negeri menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka menghindari penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) buat memencet penyebaran virus ini. Sebab Indonesia lagi melaksanakan PSBB dan PPKM, hingga seluruh aktivitas yang dicoba di luar rumah wajib dihentikan hingga pandemi ini mereda, serta pemerintah mempraktikkan tata cara belajar dengan sistem daring.

Pembelajaran daring merupakan sebuah inovasi pendidikan yang melibatkan unsur teknologi informasi dalam pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Sistem pembelajaran yang dilakukan menggunakan aplikasi seperti zoom meeting, google meet, dan menggunakan group WhatsApp yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merombak cara penyampaian pengetahuan dan dapat menjadi alternatif pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut merupakan sebuah inovasi pendidikan.

Pembelajaran daring memberikan manfaat dalam membantu akses belajar untuk seluruh orang, sehingga menghapus hambatan secara fisik sebagai aspek buat belajar dalam ruang lingkup kelas. Apalagi perihal tersebut dipandang sebagai sesuatu yang efisien buat diterapkan dalam dunia pembelajaran. Salah satu keberhasilan dalam pembelajaran daring ini  merupakan terkait dengan motivasi yang dipunyai siswa, pembelajaran daring kerap dituntut buat lebih termotivasi sebab lingkungan belajar umumnya tergantung pada motivasi dan karakteristik terkait dari rasa ingin tahu serta pengaturan diri buat mengaitkan pada proses pembelajaran. Motivasi dianggap sebagai faktor penting untuk keberhasilan belajar termasuk dalam lingkungan belajar daring, sehingga perlunya memikirkan kembali motivasi belajar di lingkungan belajar yang pemanfaatan teknologi. Menurut (Hamzah B. Uno, 2009) Terdapat 8 indikator motivasi belajar yaitu konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat, kemandirian, kesiapan, antusias atau dorongan, pantang menyerah, dan percaya diri.

Menurut Sri Harnani guru juga harus memikirkan strategi dalam mengajar dengan memanfaatkan media daring yang harus dibikin dengan efektif, mudah dipahami, dan mudah diakses. Keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada suasana pandemi Covid- 19 ini merupakan keahlian guru dalam berinovasi merancang materi,mendesain materi, tata cara pembelajaran, serta aplikasi apa yang cocok dengan materi pelajaran. Kreatifitas ialah kunci sukses dari seseorang guru buat bisa memotivasi siswanya senantiasa semangat dalam belajar secara daring(online).

Dengan demikian pembelajaran daring merupakan cara yang efektif di dalam dunia Pendidikan pada saat ini, guna memutus penyebaran virus covid-19. Semoga pandemic ini segera berakhir, sehingga proses pembelajaran bisa seperti semula belajar tatap muka di sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

(Fitriyani et al., 2020)Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121--132. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun