Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Melihat pentingnya peran teknologi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sebuah program pendampingan digital marketing dilaksanakan di Desa Tamansari dengan tujuan untuk memberdayakan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan adanya program pendampingan ini, diharapkan dapat bertujuan untuk memberdayakan UMKM Desa Tamansari agar mampu memanfaatkan potensi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dalam pelaksanaan program ini, Mahasiswa TIM KKN II UNDIP tahun 2024 melakukan pendekatan secara door-to-door dengan mengunjungi lima UMKM di Desa Tamansari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Setiap UMKM mendapatkan pendampingan langsung mengenai Digital Marketing untuk memperluas jangkauan pemasaran mereka.
Dengan pendampingan yang intensif, para pelaku usaha diajarkan cara membuat dan mengoptimalkan profil bisnis mereka di TikTok Shop, mulai dari menambahkan informasi kontak hingga mengunggah foto produk yang menarik.
Reaksi positif dari para pelaku UMKM terlihat dari antusiasme mereka selama program berlangsung. Tidak hanya mereka terlibat aktif dalam setiap sesi edukasi, tetapi mereka juga bersemangat untuk menerapkan ilmu yang didapat untuk memajukan usaha mereka.
Dengan semangat baru dan bekal ilmu digital marketing yang mumpuni, para UMKM Desa Tamansari kini siap untuk merambah pasar yang lebih luas. Semoga keberhasilan mereka dapat menginspirasi UMKM lainnya di seluruh Indonesia untuk turut bertransformasi secara digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H