TIPOLOGI BELAJAR ANAK DIDIK
Pengertian tipologi bersinonim dengan istilah taksonomi (Mallinson dan Blake, 1981:3). Istilah teknis tipologi yang telah masuk ke linguistik mempunyai pengertian yang merujuk ke pengelompokan bahasa-bahasa berdasarkan ciri khas tatakata dan tatakalimatnya.
Sedangkan menurut David Kolb dalam Darmadi (2017:171), "gaya belajar siswa dipengaruhi oleh tipe kepribadian, kebiasaan atau habit, serta berkembang sejalan dengan waktu dan pengalaman".
Tipologi merupaka tipe belajar yang mengacu pada gaya atau pendekatan yang digunakan oleh peserta didik dalam menyerap, memahami, dan menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan
Tipologi terdiri dari tiga subdisiplin, yaituÂ
1) tipologi kualitatif yang mengkaji masalah perbandingan bahasa dan variasi dalam suatu bahasa,Â
2) tipologi kuantitatif yang mengkaji penyebaran pola stuktural pada bahasa-bahasa di dunia, sertaÂ
3) tipologi teoretis, yang menjelaskan distribusi tersebut.
Beberapa gaya belajar anak yang umum adalah:
1. Visual
Anak-anak yang lebih mudah memahami materi dengan bantuan peta konsep, ilustrasi, atau warna yang menonjol.