Mohon tunggu...
Nazwa Aulia Rahmah
Nazwa Aulia Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tipologi Belajar Anak Didik dan Perbedaan Individual

7 November 2024   20:25 Diperbarui: 7 November 2024   20:42 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TIPOLOGI BELAJAR ANAK DIDIK

Pengertian tipologi bersinonim dengan istilah taksonomi (Mallinson dan Blake, 1981:3). Istilah teknis tipologi yang telah masuk ke linguistik mempunyai pengertian yang merujuk ke pengelompokan bahasa-bahasa berdasarkan ciri khas tatakata dan tatakalimatnya.

Sedangkan menurut David Kolb dalam Darmadi (2017:171), "gaya belajar siswa dipengaruhi oleh tipe kepribadian, kebiasaan atau habit, serta berkembang sejalan dengan waktu dan pengalaman".

Tipologi merupaka tipe belajar yang mengacu pada gaya atau pendekatan yang digunakan oleh peserta didik dalam menyerap, memahami, dan menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan

Tipologi terdiri dari tiga subdisiplin, yaitu 

1) tipologi kualitatif yang mengkaji masalah perbandingan bahasa dan variasi dalam suatu bahasa, 

2) tipologi kuantitatif yang mengkaji penyebaran pola stuktural pada bahasa-bahasa di dunia, serta 

3) tipologi teoretis, yang menjelaskan distribusi tersebut.

Beberapa gaya belajar anak yang umum adalah:

1. Visual

Anak-anak yang lebih mudah memahami materi dengan bantuan peta konsep, ilustrasi, atau warna yang menonjol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun