TEORI BELAJAR KOGNITIF
Teori belajar kognitif menurut para ahli adalah:
1. Jean Piaget
Ilmuwan perilaku asal Swiss yang terkenal dengan penelitiannya tentang perkembangan berpikir anak. Piaget mengembangkan teori perkembangan kognitif yang bersifat konstruktivisme.Â
2. David Paul Ausubel
Ahli psikologi pendidikan yang menekankan pada ide tentang belajar bermakna. Ausubel membagi belajar bermakna menjadi dua jenis, yaitu belajar bermakna dan belajar menghapal.Â
3. Jerome S. Bruner
Pakar psikologi perkembangan dan psikologi belajar kognitif. Bruner menganggap manusia sebagai pemroses, pemikir, dan pencipta informasi.Â
4. Robert M. Gagne
Mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus.Â
Teori belajar kognitif menjelaskan bahwa belajar adalah aktivitas yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perceptual, dan proses internal. Belajar merupakan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati atau diukur.Â