Mohon tunggu...
Nazwa Ainis sifa
Nazwa Ainis sifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Bercerita Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini

9 Juni 2024   21:49 Diperbarui: 9 Juni 2024   22:29 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nazwa Ainis Sifaa, Vera Sardila 

 

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini.Penelitian ini berdasarkan hasil kutipan dari para ahli. Artikel ini berisi bagaimana perkembangan anak usia dini dalam keterampilan berbicara. Bercerita mendorong anak untuk menggunakan bahasa secara ekspresif dan kreatif. Mereka belajar bagaimana menyusun kalimat,mendeskripsikan objek,dan menceritakan sebuah alur cerita. 

ABSTRACT

The aim of this research is to explain that the storytelling method can improve speaking skills in young children. This research is based on quotes from experts. This article contains how early childhood development in speaking skills. Storytelling encourages children to use language expressively and creatively. They learn how to construct sentences, describe objects, and tell a story line.

PENDAHULUAN 

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, menyebutkan bahwa "anak usia dini merupakan individu penduduk yang berusia antar 0-6 tahun. Undang-undang sistem pendidikan nasional no. 20/2003 ayat 1, menyebutkan bahwa "yang termasuk anak usia dini adalah anak yang masuk dalam rentang usia 0-6 tahun. Fadillah, (2014:19) mengemukakan bahwa anak usia dini ialah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Jurnal ini membahas mengenai perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Berbicara adalah sesuatu keterampilan berbicara yang berkembang pada kehidupan anak, yang didahului oleh keterampilan menyimak, dan pada masa tersebutlah kemampuan berbicara atau berujar dipelajari.Kemampuan berbicara dapat dikembangkan melalui bercerita ,bercakap-cakap,dan tanya jawab. Penerapan teknik bercerita ini dapat diharapkan dapat membantu perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia dini.Selain itu, melalui cerita pada saat anak mendengarkan dan mengikuti jalan cerita, pada saat itu juga emosi, fantasi dan imajinasi anak dapat berkembang. 

METODE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun