Mohon tunggu...
Nazril Azizi
Nazril Azizi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Pembelajaran Inkuiri

6 Juni 2024   13:36 Diperbarui: 6 Juni 2024   13:56 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Metode Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran Inkuiri adalah pendekatan pembelajaran yang berasal dari bahasa Inggris "inquiry", yang berarti pertanyaan, pemeriksaan, atau penyelidikan. Ini juga dapat diartikan sebagai pemeriksaan dengan sistem wawancara. Dalam konteks pembelajaran, metode ini menekankan pada pemahaman materi yang lebih dalam melalui proses pemeriksaan dengan wawancara. Secara konseptual, metode ini menitikberatkan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa dalam mencari, menemukan, dan memecahkan masalah yang diajukan. Proses berpikir ini sering terjadi melalui interaksi antara guru dan siswa dalam konteks pembelajaran.

Peran guru dalam menerapkan strategi pembelajaran adalah sebagai fasilitator yang bertujuan untuk mendorong perkembangan pemikiran kritis peserta didiknya. Dalam pembelajaran inkuiri, berbeda dengan metode lainnya, guru tidak lagi menjadi sumber utama informasi. Dalam konteks ini, peran siswa menjadi sangat penting sebagai sumber informasi utama dalam pembelajaran.

Strategi dan prinsip yang diterapkan dalam Metode Pembelajaran Inkuiri adalah sebagai berikut:

1. Pengenalan

   Pada tahap ini, guru mengajak siswa untuk berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang menarik dan memotivasi mereka untuk merenung dan menyelesaikan masalah tersebut.

2. Penentuan Masalah

   Tahap berikutnya adalah guru membawa siswa ke dalam situasi yang menghadirkan tantangan atau teka-teki, dengan harapan dapat memicu motivasi siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

3. Pembentukan Hipotesis

   Setiap individu memiliki kemampuan bawaan untuk menebak atau mengira (membuat hipotesis) terhadap suatu masalah. Tahap ini merupakan awal dari pengembangan potensi berpikir siswa.

4. Pengumpulan Data

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun