Mohon tunggu...
Nazila Putri kyla
Nazila Putri kyla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FISIP UMJ

Saya adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik program studi Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendekatan Pesan Periklanan

8 Juli 2024   19:10 Diperbarui: 8 Juli 2024   19:11 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendekatan Pesan Periklanan: Strategi, Studi Kasus, dan Dampaknya

Pendekatan periklanan merupakan suatu bentuk pesan mengenai suatu produk yang dikirimkan melalui suatu media, disponsori oleh pengirim yang dikenal, dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), periklanan adalah  penerbitan di media massa seperti surat kabar dan majalah, atau di tempat umum, untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang barang dan jasa yang dijual Menurut Alex S. periklanan Nitisemoto  merupakan upaya untuk mempengaruhi konsumen tidak secara langsung tetapi masyarakat secara keseluruhan melalui teks, gambar, atau kombinasi keduanya. Periklanan juga merupakan suatu bentuk komunikasi yang memuat pesan-pesan komersial nonpribadi tentang produk, barang, jasa, individu/kelompok, instansi melalui media massa dengan tujuan untuk menginformasikan dan mempengaruhi (membujuk) khalayaknya.

Tujuan Pendekatan Pesan Dalam Iklan

Tujuan pendekatan pesan dalam iklan ada berbagai macam yaitu menarik perhatian dengan cara pesan iklan menarik perhatian audiens target yang berada diantara banyaknya iklan yang bersaing,selanjutnya ada tujuan untuk membangun rasa kesadaran kita dengan menambahkan rasa sadar kita kepada suatu produk, pelayanan dan suatu brand.

Pendekatan Secara Emosional

            Pendekatan secara emosional adalah salah satu komunikasi yang menggunakan daya Tarik konsumen dengan emosional dan perasaan. Dalam pendekatan ini bertujuan memengaruhi perasaan dan membangkitkan respon emosional positif terhadap pelayanan iklan yang efektif secara emosional dapat membantu suatu merk berhubungan dengan audiens pada Tingkat yang lebih dalam.

Pendekatan Seacara Rasional

            Pendekatan rasional dalam iklan berarti menyampaikan pesan iklan dengan logika, fakta, dan alasan yang meyakinkan. Iklan yang menggunakan pendekatan ini memberikan informasi spesifik tentang produk atau layanan untuk membuktikan klaimnya. Misalnya, iklan dapat menjelaskan bahan, kinerja, atau keunggulan produk dengan angka, data, atau penjelasan ilmiah.

Pendekatan Positioning 

            Pendekatan positioning atau pendekatan posisi merupakan suatu pendekatan komunikasi dalam iklan yang digunakan untuk menempatkan posisi produk di antara para pesaing produk lainnya. Pendekatan ini mengandalkan banyak media massa untuk promosinya yang bertujuan agar konsumen dapat mengetahui informasi yang lengkap mengenai produk tersebut. Positioning yang kuat dapat membantu brand Anda berdiri di tengah kompetisi yang ketat. Beberapa contoh iklan yang berhasil membangun positioning mereka melalui komunikasi yang jelas dan konsisten

Pendekatan Secara Preemptive

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun