Mohon tunggu...
Nazila Imkani
Nazila Imkani Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Mataram

Try to learn

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bangga Menjadi Etoser

5 Juni 2024   19:27 Diperbarui: 5 Juni 2024   19:53 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai mahasiswa, saya merasa bangga menjadi bagian dari EtosID karena menyadari bahwa ada beberapa hal yang memberikan motivasi ekstra bagi perkembangan diri saya. Selain memberikan manfaat UKT gratis dan uang saku bulanan, ada tiga hal BERHARGA yang saya temukan di EtosID.

1. Membangun Personal Branding

Pertama, kesempatan untuk membangun personal branding. Bagi saya, hal ini sangat penting karena dapat menjadi modal berharga di masa depan, terutama dalam meraih beasiswa S2 yang menjadi target saya. Melalui social project khusus, pengalaman menjadi anggota dan pengurus, serta pembelajaran tentang kepemimpinan, saya bisa mengembangkan diri dan membangun relasi yang lebih luas.

2. Pendampingan Keislaman

Kedua, pendampingan keislaman yang sangat berarti bagi saya. Sebagai mahasiswa dengan latar belakang pendidikan Islam ketika SMP dan SMA, saya merasa terbantu dengan adanya pembinaan rutin dari EtosID. Hal ini membantu saya tetap terjaga dalam lingkaran keislaman di lingkungan kampus. Bahkan sampai sekarang saya seringkali merasa terkejut dengan orang-orang yang justru tidak melaksanakan sholat padahal jelas-jelas adalah seorang muslim/muslimah.

3. Dukungan Prestasi

Terakhir, dukungan dalam meraih prestasi. Saya pernah mengalami kehilangan motivasi dalam mengikuti berbagai perlombaan, namun dukungan dan dorongan dari fasilitator dan rekan-rekan di EtosID sangat berarti bagi saya, ternyata ada fasilitator-fasilitator yang terus mengingatkan saya, ada teman-teman EtosID Mataram yang mengajak dan merangkul saya. Mungkin, jika fasilitator-fasilitator kece dan anak-anak etos mataram yang gemes dan imut (kata kak ida dan kak muslihan), motivasi saya sangat menurun. Selain itu, Dukungan finansial dari EtosID pusat juga memberikan tambahan semangat dan memperlihatkan bahwa EtosID sungguh peduli terhadap perkembangan anggotanya.

Dengan semua hal ini, saya merasa sangat beruntung menjadi bagian dari EtosID, sebuah lingkaran yang tidak hanya memberikan manfaat material, tetapi juga memberikan dukungan dan pembinaan bagi perkembangan pribadi dan spiritual saya.

Baca juga: Sebuah Proses

Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kak ida dan kak muslihan karena sudah selalu sabar menuntun kami yang agak “bandel” ini. Semoga kita semua terjaga dalam lingkungan yang baik, aamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun