Mohon tunggu...
Naila Syifa
Naila Syifa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Psikososial Usia 7 -12 Tahun

27 November 2016   22:46 Diperbarui: 27 November 2016   22:57 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pada postingan saya kali ini akan membahas tentang perkembangan psikososial masa kanak-kanak akhir yaitu usia 7 - 12 tahun.pengertian perkembangan psikososial sendiri adalah psikologi yang mempelajari secara khusus perilaku an kejiwaan individu dalam interaksi sosial.

Faktor-faktor mempengaruhi kepribadian anak yaitu,:

  1. Fisik. 
  2. Inteligensi. Individu yang inteligensinya tinggi/normalmampu menyesuaikan diri dengan lingkungan
  3. Keluarga. 
  4. Teman sebaya. 
  5. Kebudayaan. 

Masa mengembangan bentuk-bentuk tingkah laku sosial sebagai berikut :

  1. Pembangkangan 
  2. Agresi(menyerang balik)
  3. Berselisih/bertengkar 
  4. Menggoda 
  5. Persaingan 
  6. Kerjasama 
  7. Tingkah laku berkuasa 
  8. Simpati 

Upaya-upaya membimbing perkembangn moral diantaranya :

  1. Memberikan contoh/telada yang baik, dalam berperilaku/bertutur kata 
  2. Menanamkan kesiplinan pada anak,dalam berbagai aspek kehidupan,seperti memelihara kebersihan/kesehatan,dan tata-krama/berbudi pekerti luhur
  3. Mengembangkan wawasan tentang nilai-nilai moral pada anak,baik melalui pemberian informasi,atau melaluicerita, seperti tentang : riwayat orang-orang yg baik(para nabi dan pahlawa),dunia binatang yang mengisahkan tentang nilai kejujuran,kedermawanan,kesetia kawanan/kerajinan

Di masa ini, anak-anak kira-kira berumur 7-9 tahun. Dalam budaya akademis, mereka duduk di bangku sekolah dasar kelas 1,2,atau3. Seorang tokoh psikolog aliran kognitif berkebangasaan Perancis dan kemudian menjadi warga Austria, Jean Piagetmenyebut masa kanak-kanak  adalah awal berada pada fase perkembangan operasi konkrit.§Kehidupan sosial anak-anak pada masa ini diwarnai dengan kekompakan kelompok teman sebaya yang berkelamin sejenis. Masa ini, dalam pandangan psikoanalis SigmundFreud, berda pada tahap laten (latency pashe) yakni masa tenang dan nyaman, di mana libido seksual ditekan ke dalam alam bawah sadar, guna memberi kesempatan untuk mengembangakan potensi intelektual maupun soialisasi. Oleh karena itulah, pertumbuhan fisik anak tengah tergolong lambat. §ecara spesifik, ErikErikson menyebut masa kanak-kanak tengah sebagai masa industri. Anak-anak mulai mengembangakan kepribadian seperti pembentukan konsep diri fisik, sosial, dan akademis, guna menopang perkembangan harga diri, percaya diri, dan efikasi diri.

MANFAAT MEMPELAJARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK-ANAK

  1. Tersampaikanya harapan yang realistis terhadap anak dan remaja.
  2. Pengetahuan tentang perkembangan dapat membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap perilaku tertentu sesorang anak.
  3. Mulai tersusunya pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat, skala usia-mental, dan skala perkembangan sosial atau emosional.
  4. Telah diketahui kemungkinan perubahan pola normal perkembanganya itu ke arah mana.
  5. Terlaksanakanya bimbingan belajar yang tepat.
  6. Mampu menjadi tolak ukur untuk kita sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun