Mohon tunggu...
Nayla Amalia
Nayla Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aplikasi Bidang Studi Perkantoran Digital di Era Revolusi 5.0

10 Oktober 2023   22:10 Diperbarui: 10 Oktober 2023   22:11 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Revolusi Industri 5.0 dimulai ketika Industri 4.0 telah mencapai puncaknya dan para ahli meyakini bahwa era 4.0 dapat disempurnakan kembali. Industri 5.0 memadukan teknologi canggih seperti AI, IoT, dan robotika dengan keahlian dan inovasi manusia  yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 

Di sisi lain, Society 5.0 merupakan penyempurnaan dari konsep Society 4.0 sebelumnya yang menekankan pada konteks manusia. Dalam konteks ini, aplikasi bidang studi manajemen perkantoran digital memainkan peran penting dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh revolusi industri 5.0.

Perkembangan manajemen perkantoran digital tercermin dalam program studi seperti D4 Manajemen Perkantoran Digital di Universitas Airlangga. Program ini menawarkan peluang kerja yang luas bagi lulusannya, mengingat pentingnya manajemen perkantoran digital dalam bisnis modern.

Dalam era revolusi industri 5.0, aplikasi bidang studi manajemen perkantoran digital memiliki beberapa peran penting, antara lain:

  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi: melalui otomatisasi proses bisnis, analisis data, dan integrasi sistem. Hal ini akan membantu perusahaan menghadapi persaingan yang semakin ketat di era revolusi industri 5.0.
  • Meningkatkan kualitas layanan: melalui pengelolaan hubungan pelanggan, analisis data pelanggan, dan pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif di era revolusi 5.0
  • Mengoptimalkan penggunaan sumber daya: penggunaan sumber daya yang efisien menjadi kunci keberhasilan perusahaan. melalui perencanaan produksi yang lebih baik, pengelolaan persediaan yang efisien, dan pengendalian biaya yang lebih ketat.
  • Meningkatkan kolaborasi dan komunikasi: aplikasi manajemen perkantoran digital dapat membantu perusahaan meningkatkan kolaborasi dan komunikasi melalui penggunaan alat-alat kolaborasi online, platform proyek, dan sistem manajemen dokumen.

Dalam era Revolusi 5.0, perkantoran digital bukan lagi konsep yang terbatas pada meja dan komputer. Ia menjadi ekosistem yang cerdas, terhubung, dan responsif yang memperkuat produktivitas, inovasi, dan kolaborasi. 

Dengan mengembangkan dan mengadopsi ilmu bidang studi manajemen perkantoran digital yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, kualitas layanan, dan penggunaan sumber daya, serta menghadapi tantangan keamanan data, keterampilan SDM, dan perubahan budaya dan struktur organisasi yang dibutuhkan dalam era revolusi industri 5.0.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun