Mohon tunggu...
Naya
Naya Mohon Tunggu... Lainnya - Pengangguran

Bermain TTS

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tips Supaya Tombol Fisik Tidak Cepat Rusak

18 Juni 2024   20:36 Diperbarui: 18 Juni 2024   20:59 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Google Play Store

Saat ini, ponsel diproduksi semakin canggih seiring berjalannya waktu. Selama kurang lebih 1 dekade terakhir, ponsel dengan sistem Android yang biasa disebut smartphone ini mulai banyak dijual di toko ponsel bahkan saat ini toko ponsel semakin banyak dibangun dimana mana. Dari fitur kamera, internet, unduh aplikasi dari play store dan berbagai macam fitur lain yang membuat masyarakat sangat berminat membeli smartphone. Sayangnya, ada salah satu permasalahan smartphone yang dikeluhkan pengguna, yaitu kerusakan tombol volume dan tombol power. Menurut pengalaman saya, kerusakan kedua tombol tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang saya alami itu sering digunakan untuk membuka kunci layar dan mengatur suara. Sayapun harus beberapa kali harus melakukan perbaikan kedua tersebut meskipun biayanya masih terjangkau. Setelah beberapa hari kemudian, saya baru saja mendapat informasi jika smartphone saat ini sudah dilengkapi fitur 'Ketuk 2x untuk mengunci/menyalakan layar' di pengaturan. Sayangnya, tipe ponsel yang saya gunakan ini tidak mendukung fitur ini. Lalu saya langsung mencoba mencari aplikasi pengganti tombol On Off/Power dan tombol Volume karena saat itu saya baru saja diberikan sebuah smartphone baru (bukan second) oleh salah satu anggota keluarga besar saya meskipun spesifikasinya tidak secanggih smartphone dengan harga 2-3 jutaan.

Setelah mencoba mendownload satu persatu aplikasi di playstore, akhirnya saya menemukan aplikasi yang cocok di smartphone saya seperti yang sudah saya lampirkan di foto ini:

Aplikasi Lock Screen itu digunakan untuk mengunci layar

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store

Aplikasi Pick to Wake itu saya gunakan untuk membuka layar kunci saja karena untuk menggunakan fitur mengunci layar, sepertinya harus mendownload aplikasi yang tertera di petunjuk aplikasi itu, tetapi saya tidak mendownload aplikasi yang tertera di petunjuk aplikasi Pick to Wake itu karena saya sudah ada aplikasi Lock Screen yang cukup membantu saya mengunci layar smartphone saya

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store

Aplikasi Tombol Volume Asisten itu digunakan untuk mengatur besar kecilnya suara

Setelah saya download ketiga aplikasi itu dan digunakan selama beberapa hari, ternyata smartphone saya tidak ikut menguras baterai.

Bahkan, saya pun menjadi tertarik ingin mendownload aplikasi ini karena aplikasi ini juga tidak perlu menggunakan tombol fisik seperti tombol Power/On Off dan tombol Volume dan fiturnya juga tidak tersedia di smartphone saya.

 

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store
Setelah berhasil menggunakan aplikasi itu, ternyata smartphone baru saya sudah tersedia fitur 'Ketuk 2x untuk mengunci/menyalakan layar kunci', fitur kunci layar dan fitur screenshot tanpa menggunakan tombol fisik meskipun tidak tersedia fitur Volume tanpa Tombol.

Bagi kamu yang memiliki smartphone yang merasa tombol volume dan tombol powernya rusak, sebaiknya segera diservis. Setelah diservis, kamu download saja semua aplikasi di atas agar kedua tombol di smartphone kamu tidak cepat rusak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun