Mohon tunggu...
Nawang Wulan
Nawang Wulan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Saya adalah seorang mahasiswa magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam dunia pengajaran bahasa dan sastra.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Wujud Kontribusi Nyata, Mahasiswa UM Berkolaborasi Melalui Pembelajaran Bahasa

23 Agustus 2024   16:10 Diperbarui: 23 Agustus 2024   16:12 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Nudiyalista Khusna

Malang, Agustus 2024 -- Mahasiswa Universitas Negeri malang (UM) melaksanakan sebuah penelitian yang berfokus pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian kualitatif mengenai implementasi asesmen diagnostik dalam menentukan strategi pembelajaran menulis artikel ilmiah populer di SMPN 6 Malang bersama siswa kelas VIII telah selesai dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni hingga Agustus 2024 dengan tujuan untuk memahami bagaimana asesmen diagnostik dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kemampuan awal siswa dan merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Penelitian yang diinisiasi oleh tim peneliti dari lembaga pendidikan ini melibatkan 30 siswa kelas VIII di SMPN 6 Malang. Dalam prosesnya, para peneliti menggunakan metode tes tulis berbentuk permainan sebagai asesmen diagnostik, untuk mengidentifikasi keterampilan menulis awal para siswa. Tes tulis ini berisikan 10 soal yang dibagi dalam aspek pengertian teks, kebahasaan dan kepenulisan. Dari hasil asesmen diagnostik kognitif tersebut, ditemukan bahwa siswa memiliki variasi kemampuan dalam hal pemahaman struktur artikel ilmiah populer, penggunaan bahasa, dan cara menyajikan gagasan secara ilmiah tetapi tetap dapat dipahami oleh masyarakat umum. Fokus utama pembelajaran ini adalah mengembangkan keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan kesesuaian topik, struktur artikel, dan penyampaian informasi yang efektif. Selama pelaksanaan penelitian, ditemukan bahwa asesmen diagnostik mampu membantu guru untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan individu siswa.

Sumber: Nudiyalista Khusna
Sumber: Nudiyalista Khusna

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model yang berguna bagi sekolah lain dalam menerapkan asesmen diagnostik sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang lebih individual dan efektif, terutama dalam keterampilan menulis artikel ilmiah. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya pemahaman terhadap kemampuan awal siswa sebelum merancang pembelajaran yang optimal.

Dengan keberhasilan penelitian ini, SMPN 6 Malang berharap dapat terus mengembangkan metode pengajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan di bidang literasi dan penulisan ilmiah di kalangan siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun