Mohon tunggu...
Nawa Kusnanto
Nawa Kusnanto Mohon Tunggu... Guru - NOW OR NEVER

Pendidikan dan Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 CGP Angkatan 6 Kabupaten Lingga

19 Februari 2023   21:48 Diperbarui: 19 Februari 2023   22:14 663
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 

MODUL 3.1 (PENGAMBILAN KEPUTUSAN)

MODEL 4F (FACTS, FEELINGS, FINDINGS, FUTURE)

Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Lingga

Oleh : Nawa Kusnanto, S.Pd

Jurnal Refleksi Modul 3.1

(Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin)

Jurnal ini saya tulis sebagai media untuk menuangkan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan dengan memilih model refleksi Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). Jurnal ini merupakan refleksi pembelajaran dan aktivitas yang telah dilakukan di Learning Management System (LMS). Minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu diawali dengan mempelajari konsep modul 3.1 Modul Pengambilan Keputusan dilanjut kegiatan ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual dan koneksi antarmateri di modul 3.1 ini.

Facts (Peristiwa)

Banyak pengalaman dan pembelajaran baru yang didapat diawal pembelajaran modul ini, kesulitan yang saya hadapi diantaranya saya kesulitan memahami isi dari modul 3.1 ini, tetapi dengan bantuan Bapak Fasilitator, teman-teman CGP dan membaca sumber-sumber yang ada sedikit-demi sedikit saya mulai memahami alur dari isi modul ini.

Feelings (Perasaan)

Perasaan saya saat mempelajari modul ini yaitu saya merasa tertantang untuk dapat mempelajari lebih dalam lagi agar dapat memahami isi modul dengan lebih baik, meskipun saat memulai pembelajaran Modul 3.1 sejujurnya saya merasa bingung dan masih mengambang, hal ini terbukti saat kegiatan ruang kolaborasi ternyata masih banyak kekeliruan pada hasil diskusi kelompok kami, namun setelah mendapatkan masukan dan penjelasan yang lebih lengkap lagi dari rekan sejawat maupun fasilitator akhirnya dapat memperbaiki kesalahan yang masih ada pada kelompok kami. 

Saya menyadari betul bahwa melalui hasil tugas yang kami sajikan masih ada keekliruan membuat pemahaman saya menjadi lebih terbuka mengenai perbedaan dilema etika dan bujukan moral, yaitu melalui membandingkan hasil kerja kami dengan yang dikerjakan kelompok lain

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya pelajari di modul ini diantaranya : Membedakan dilema etika/ethical dilemma dengan bujukan moral/moral temptation, mengidentifikasi jenis-jenis dilema berdasarkan 4 paradigma Memahami 4 paradigma dilema etika dan membuat inferensi/kesimpulan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Memahami bahwa pada diri kita sudah tertanam prinsip-prinsip tanpa kita menyadarinya yang akhirnya menentukan kecenderungan seseorang dalam mengambil keputusan. 

Mempertanyakan pemahamannya tentang ketiga prinsip pengambilan Forum Diskusi -- Langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam situasi dilema etika yang dihadapi seseorang serta mendiskusikan langkah pengambilan dan pengujian tersebut

Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul ini yang berisi pembahasan akan fokus kepada keterampilan seorang pemimpin dalam mengemban salah satu perannya, yaitu mengambil suatu keputusan, khususnya pada kasus-kasus yang berkaitan dengan nilai-nilai kebajikan atau Etika.

Saya akan mulai mencoba menerapkan Langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan dengan Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam situasi dilema etika yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran sehari- hari di sekolah. Selain itu pengalaman dalam pembelajaran pada modul ini juga tentunya dapat saya terapkan kepada rekan kerja di lingkungan sekolah saya, yaitu pada kasus-kasus yang mengandung dilema etika untuk dapat menemukan keputusan yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah.

TERIMA KASIH

@nawakusnanto

@nowsyauqichannel

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun