DAFTAR ISI
Cover 1
Daftar Isi 2
Materi Ajar 11
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 23
Instrumen dan Kisi-Kisi Penilaian. 25
Refleksi 31
Telaah Modul Ajar 38
TRIGONOMETRI
SMA NEGERI 7 SURAKARTA
TRIGONOMETRI
KELAS XI B / FASE F
Semester 1 (Ganjil)
- INFORMASI UMUM
- Identitas Modul
- Nama Penyusun : Nanditya Vianti Putri
- Nama Sekolah : SMA Negeri 7 Surakarta
- Tahun Penyusunan : 2023
- Jenjang Sekolah : SMA
- Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran @ 45 menit
- (1 Pertemuan x 3 JP + 1 Pertemuan x 2 JP)
- Jumlah Peserta Didik : 36 Siswa
- Target Peserta Didik : Reguler
- Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
- Elemen : Trigonometri
- Kompetensi Awal
- Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:
- Memahami konsep phytagoras
- Memahami konsep sudut, derajat, dan radian
- Profil Pelajar Pancasila
- Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
- Gotong Royong, siswa saling membantu dan tolong menolong dalam proses pembelajaran bersama kelompok. Masing-masing siswa dapat saling peduli, berinteraksi, dan berkolaborasi.
- Mandiri, siswa memiliki tekad untuk berkembang dan tidak bergantung pada orang lain.
- Berpikir kritis, siswa dapat menyelesaikan permasalahan dari soal yang disajikan secara baik atas pemikirannya sendiri.
- Kreatif, siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan dan ditambah dengan ide menarik.
- Sarana & Prasarana
- Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
- Sarana :
- Ruang kelas
- Buku tulis
- Alat tulis
- Laptop/LCD Proyektor
- Prasarana :
- Modul ajar
- Media ajar (seperti : Power Point, game pembelajaran)
- Google Classroom
- Akses internet
- Buku pinjaman sekolah
- Lembar kerja peserta didik
- Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler kelas XI
- Model Pembelajaran yang Digunakan
- Ceramah
- Problem Based Learning (PBL)
- Diskusi
- Tanya -- jawab
- KOMPONEN INTI
- Elemen
- Trigonometri
- Capaian Pembelajaran
- Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya.
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik diharapkan mampu:
- Peserta didik dapat memahami satuan ukuran sudut dalam radian dan derajat
- Peserta didik dapat mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian dan derajat
- Peserta didik dapat memahami rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan dan cotangen pada segitiga siku-siku)
- Peserta didik dapat menghitung rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah menggunakan rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
- Asesmen
Penilaian
Bentuk Penilaian
*
Penilaian Sikap : observasi
Lembar Jurnal
*
Penilaian Pengetahuan : tes tulis
Pilihan Ganda / Penugasan
*
Penilaian Keterampilan : tes keterampilan
Lembar Kegiatan (proses) / Kelompok
- Pemahaman Bermakna
- Meningkatkan pemahaman peserta didik terkait macam, rumus, dan penggunaan trigonometri dalam mata pelajaran matematika untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan serupa dalam kehidupan sehari-hari.
- Pertanyaan Pemantik
- Apa itu identitas trigonometri?
- Bagaimana rumus-rumus dari identitas trigonometri?
- Bagaimana peran identitas dasar dalam membuktikan identitas trigonometri?
- Bagaimana cara menyatakan lingkaran satuan dan memodelkan fenomena periodik dengan fungsi trigonometri?
- Bagaimana contoh penerapan trigonometri dalam menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari?
- Persiapan Pembelajaran
- Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materi dan modul ajar
- Menyiapkan alat, bahan, dan media pembelajaran yang akan digunakan
- Menyiapkan lembar kerja dan lembar penelitian sebagai salah satu pengambilan nilai terhadap siswa
Langkah -- Langkah Kegiatan Pembelajaran
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- PERTEMUAN 1
- Tahapan
- Kegiatan
- Alokasi Waktu
- Pendahuluan
- Kegiatan awal
- Pembukaan
- Guru menyiapkan media pembelajaran.
- Guru mengucapkan salam.
- Memulai dengan berdoa secara bersama-sama.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
- Guru melakukan presensi siswa.
- Guru mengisi buku agenda kelas.
- Apersepsi
- Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
- Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan trigonometri.
- Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Guru mengaitkan kejadian sehari-hari dengan materi
- Motivasi
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Apa itu trigonometri?
- Apa yang membuatnya menarik untuk dipelajari?
- Apakah kamu bisa menemukan aplikasi trigonometri dalam kehidupan sehari-hari?
- 10 menit
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Inti
- Sintaks 1 : Mengorientasi Peserta Didik terhadap Masalah
- Peserta didik dibantu guru mengamati beberapa permasalahan dan materi singkat mengenai trigonometri melalui media game pembelajaran
- Peserta didik diberi kesempatan untuk membuat pertanyaan atau menanyakan beberapa permasalahan yang telah disajikan
- Sintaks 2 : Mengorganisasi Peserta Didik Untuk Belajar
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok yang beranggotakan 5-7 orang
- Guru memberikan LKPD kepada setiap kelompok
- Guru membimbing siswa untuk memahami petunjuk mengerjakan tugas (LKPD)
- Peserta didik dan guru membuat kesepakatan diskusi harus selesai dalam waktu 30 menit
- Sintaks 3 : Membimbing Penyelidikan yang Dilakukan Secara Individu Maupun Kelompok
- Peserta didik mendiskusikan permasalahan yang disajikan pada game pembelajaran maupun LKPD dan menuliskan jawabannya pada LKPD
- Guru membimbing siswa dalam kegiatan penyelidikan
- Peserta didik menghasilkan suatu solusi pemecahan masalah
- Peserta didik mengumpulkan LKPD
- Sintaks 4 : Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
- Perwakilan kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan menuliskan jawaban mereka pada papan tulis dan menjelaskan bagaimana cara pemecahan masalah dapat diperoleh
- Kelompok yang sedang tidak maju memperhatikan kelompok yang maju, dan diperbolehkan untuk memberikan tanggapan baik berupa saran, komentar, maupun pertanyaan
- Guru mendampingi dan melakukan penilaian saat peserta didik sedang presentasi
- Guru mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
- Peserta didik diberikan reward berupa tepuk tangan bagi yang selesai presentasi di depan kelas
- Sintaks 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
- Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan pendapat terkait pemecahan masalah yang mereka diskusikan
- Peserta didik dan guru menyimpulkan pemecahan masalah yang telah dilakukan
- 115 menit
- Penutup
- Kegiatan Akhir
- Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan
- Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi pada pertemuan selanjutnya
- Memberikan motivasi peserta didik untuk tetap semangat dalam menunut ilmu (belajar)
- Mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa
- Mengucapkan menutup pembelajaran dengan mengucap salam
- 10 menit
- Pengayaan dan Remidial
- Pengayaan : Diberikan untuk menambah wawasan kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM (70)
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan sesuai kesepakatan peserta didik
- Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan pendalaman materi (kompetensi)
- Remidial : Diberikan kepada peserta didik yang belum tuntas mencapai KKM (70)
- Guru memberikan semangat kepada peserta didik yang belum tuntas
- Guru memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaranulang dengan belajar kelompok dan pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian
- Guru meberikan beberapa tugas terkait soal trigonometri
- Refleksi Peserta Didik dan Guru
- Refleksi Peserta Didik
- Bagaimana perasaan kamu/apa yang kamu pikirkan setelah mempelajari Trigonometri?
- Apa hal baru yang baru saja didapat dari kegiatan pembelajaran ini?
- Apa ada kendala pada kegiatan pembelajaran ini?
- Cara belajar apa dan bagaimana yang membantu dalam memahami materi pembelajaran?
- Pelajaran berharga apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan pembelajaran ini?
- Apakah kamu dapat merefleksikan seluruh kegiatan pembelajaran hari ini? Dapatkah pembelajaran hari ini digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari?
- Refleksi Guru
- Apakah semua peserta didik aktif selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
- Apa saja kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
- Apakah kesulitan yang dialami peserta didik dapat teratasi?
- Apa level pencapaian rata-rata peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ini?
- Apakah seluruh peserta didik dapat tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
- Apa strategi yang harus dipilih supaya peserta didik dapat menuntaskan kompetensi?
- Glosarium
- Problem Based Learning (PBL) : Metode pembelajaran dimana peserta didik dilatih untuk menghadapi permasalahan untuk dapat dikembangkan menjadi suatu pengetahuan, keterampilan, pemikiran kritis, dan sikap-sikap yang bersifat student-centered.
- Phytagoras : Teori yang menyatakan bahwa segitiga siku-siku memiliki masing-masing kuadrat panjang sisi miring atau hipotenusa sama dengan kuadrat panjang sisi siku-sikunya yakni alas dan tinggi.
- Sudut : Hasil dari pembentukan dua buah garis yang saling berimpit dan memiliki pangkal.
- Radian : Ukuran sudut yang didefinisikan sebagai yang diapit dalam sebuah lingkaran oleh dua buah jari-jari serta panjang busur lingkaran yang sama dengan panjang jari-jari.
- Trigonometri : Salah satu cabang dari ilmu matematika yang membahas mengenai hubungan antara sisi dengan sudut dalam bidang datar segitiga.
- Google Classroom : Platform yang dapat digunakan sebagai media untuk menghubungkan guru dan peserta didik secara digital secara efisien.
- Tes Formatif : Tes yang dilakukan guna menilai apakah proses pembelajaran telah mencapai tujuan, sekaligus untuk memantau dan memperbaiki proses keberlangsungannya.
- Tes Subyektif : Tes yang dilakukan untuk meminta peserta didik mempertimbangkan sesuatu secara subjektif dalam menjawab pertanyaan, seperti tes uraian.
- Tes Obyektif : Tes dimana peserta didik diminta untuk menentukan jawaban yang paling benar diantara berbagai pilihan jawaban yang tersedia, seperti pilihan ganda dan true false.
- Apersepsi : Kegiatan dengan tujuan menciptakan siswa yang siap mental dan memperhatikan pembelajaran oleh guru.
- Daftar Pustaka
Aras, I. (2019). TEORI ELABORASI SEBAGAI STRATEGI PENGORGANISASIAN ISI MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Mathematic Education And Aplication Journal, 1(1), 26.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran.
Hakim, L., & Marzuki, I. (t.t.). PENDIDIKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF DALAM KISAH MUSA DAN KHIDIR. Tadarus Tarbawy, 1(2).
Inggriyani, F.-, Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 28. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649
Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik IKIP PGRI Bojonegoro, U., Dwi Rahmawati, A., Amalia Putri, R., Setiyono, J., & Bahasa dan Sastra, P. (t.t.). Penerapan Tes Formatif.... Bojonegoro, 27 Juni 2023 657 Prosiding Seminar Nasional Daring.
M. Nur, I., & Sari, D. P. (2023). BUKU AJAR TRIGONOMETRI. Penerbit Tahta Media.
Sutisna, Entis. (2020). Modul Matematika Umum Kelas X KD 3.7. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64--73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Ningrum, P. I., & Mushlihuddin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Strategi REACT Pada Materi Trigonometri di SMK PAB 3 Medan Estate T.P 2019/2020. Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2019, 1, 180--185.
Rahmananda, T. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 2 PONTIANAK.
Rovita, C. A. (2020). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9.
Satria, I., Gamal Tamrin Kusumah, R., & Raden Fatah kel Pagar Dewa Kec Selebar, J. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1). http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse
Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD Dalam Mendesain Soal Tes Bentuk Uraian Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3).
Mengetahui,
Surakarta, 1 Oktober 2023
Kepala Sekolah,
Guru Pengajar,
Drs. Sukamto, M.M.
Nanditya Vianti Putri
MATERI AJAR TRIGONOMETRI
MATA PELAJARAN : Matematika
MATERI : Trigonometri
KELAS : XI
SEMESTER : Ganjil
TAHUN AJARAN : 2023/2024
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik diharapkan mampu:
- Peserta didik dapat memahami satuan ukuran sudut dalam radian dan derajat
- Peserta didik dapat mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian ke bentuk derajat dan sebaliknya
- Peserta didik dapat memahami rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan dan cotangen) pada segitiga siku-siku
- Menghitung rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan dan cotangen) pada segitiga siku-siku
- Menyelesaikan masalah menggunakan rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
- Ukuran Sudut dan Konsep Dasar Sudut
Trigonometri merupakan salah satu ilmu yang berhubungan dengan besar sudut. Trigonometri berasal dari bahasa yunani yaitu trigonon yang berarti tiga sudut dan metron yang berarti mengukur. Jadi dapat dikatakan bahwa trigonometri membahas mengenai sudut-sudut yang berada di dalam segitiga. Konsep dasar yang harus dipahami dalam trigonometri yaitu konsep triple phytagoras, konsep dasar segitiga yang terdiri dari tiga buah sisi (sisi miring, sisi samping, dan sisi depan), jumlah suatu sudut dalam segitiga 180.
- Ukuran Sudut
- Satuan sudut yang paling sering kita temui dan dipergunakan adalah derajat (dilambangkan dengan ""). Namun, ada satuan lain yang dapat digunakan untuk mengukur satuan sudut, yaitu satuan radian (dilambangkan dengan "rad"). Perhatikan gambar-gambar berikut!
- Selain ukuran derajat, kita juga mengenal ukuran radian. Satu radian atau 1 rad adalah besarnya sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari lingkaran berjari-jari r dan membentuk busur sepanjang r juga atau besar sudut pusat dari suatu lingkaran yang panjang busur dihadapan sudut tersebut adalah sama dengan jari-jari lingkaran tersebut. Panjang busur suatu lingkaran dapat dihitung langsung dengan mengalikan besarnya sudut dengan jari-jari lingkaran, apabila besarnya sudut telah dalam satuan radian
- Konsep Dasar Sudut
- Sudut didefinisikan sebagai hasil rotasi dari sisi awal (initial side) ke sisi akhir (terminal side). Selain itu, arah putaran memiliki makna dalam sudut. Suatu sudut bertanda "positif" jika arah putarannya berlawanan dengan arah putaran jarum jam, dan bertanda "negatif" jika arah putarannya searah dengan jarum jam. Arah putaran untuk membentuk sudut juga dapat diperhatikan pada posisi sisi akhir terhadap sisi awal. Untuk memudahkannya, cermati deskripsi berikut ini.
- Dalam bidang koordinat kartesius, jika sisi awal suatu garis berimpit dengan sumbu dan sisi terminalnya terletak pada salah satu kuadran pada koordinat kartesius itu, disebut sudut standar (baku). Jika sisi akhir berada pada salah satu sumbu pada koordinat tersebut, sudut yang seperti ini disebut pembatas kuadran, yaitu 0, 90, 180, 270 dan 360. Sebagai catatan, bahwa untuk menyatakan suatu sudut, lazimnya digunakan huruf Yunani, seperti, (alpha), (betha), (gamma), dan (tetha), dan juga digunakan huruf-huruf kapital, seperti A, B, C, dan D.
- Cermati gambar di bawah ini.
- Jika sudut yang dihasilkan sebesar (sudut standar), maka sudut disebut sebagai sudut koterminal, sehingga + = 3600 , seperti gambar berikut
- Besar sudut pada setiap kuadran
- Contoh Soal :
- Gambarkanlah sudut-sudut standar di bawah ini, dan tentukan posisi setiap sudut pada koordinat kartesius.
- 60
- --45
- 120
- 600
Jawab :
- Rasio / Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Pada gambar, diketahui BAC = a. Sisi BC = a disebut sisi di depan sudut a, sisi AC = b disebut sisi di samping sudut a, dan sisi AB = c disebut sisi miring (hipotenusa). Dari ketiga sisi segitiga siku-siku ABC tersebut, dapat ditentukan perbandinga-perbandingan trigonometri sebagai berikut.
Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Contoh soal.
Diketahui segitiga ABC siku-siku di C dengan panjang sisi satuan dan Panjang sisi b = 2 satuan. Jika BAC = a, tentukanlah nilai keenam perbandingan trigonometri untuk sudut a.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Trigonometri
Sub Materi : a. Ukuran Sudut dan Konsep Dasar Sudut
b. Rasio/Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Ajaran : 2023/2024Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu:- Sudut Depresi dan Sudut Elevasi
- Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah "sudut elevasi" dan "sudut depresi". Sudut elevasi adalah sudut yang dibentuk oleh arah horizontal dengan arah pandangan mata pengamat ke arah atas. Sudut depresi adalah sudut yang dibentuk oleh arah horizontal dengan arah pandangan mata pengamat ke arah bawah.
- Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini.
- Penerapan Trigonometri dalam Kehidupan Nyata
- Rasio trigonometri dapat digunakan untuk memecahkan masalah kontekstual yang berhubungan dengan sudut pengamatan, tinggi suatu benda , atau untuk menentukan jarak ke suatu obyek. Rasio trigonometri merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk melatih penalaran dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
- Berikut beberapa contoh penggunaan trigonometri dalam kehidupan sehari hari :
- Menghitung tinggi bangunan / gunung / pohon/ bukit/ benda
- Apabila kamu tahu jarak antara kamu dengan benda yang kamu amati dan kamu juga tahu sudut elevasi pengamatannya, maka kamu dapat menghitung tinggi dari bangunan yang kamu amati tersebut.
- Dalam navigasi
- Perbandingan trigonometri dapat digunakan di bidang navigasi. Sebagai contoh, rasio trigonometri digunakan untuk menghitung jarak suatu titik terhadap garis pantai.
- Dalam bidang oseanografi
- Rasio trigonometri dapat digunakan untuk menghitung ketinggian gelombang laut.
- Dalam bidang astronomi
- Trigonometri sangat besar manfaatnya dalam ilmu astronomi, karena ukuran benda- benda langit tidak mungkin diukur pakaipenggaris, pasti dihitung dengan bermain skala- skala dan sudut-sudut, sehingga dapat diestimasi ukurannya secara akurat. Rumus trigonometri sudut ganda digunakan untuk nilai-nilai ukuran sisi akibat sudut-sudut yang tidak istimewa.
- Dalam bidang teknik sipil
- Pengukuran tanah adalah suatu cabang ilmu alam untuk menentukan posisi ruang dimensi tiga dari suatu tempat pada permukaan bumi. Hasil pengukuran tanah yang diperoleh antara lain digunakan untuk membuat peta topografi dari bumi untuk menentukan luas wilayah suatu daerah. Keahlian trigonometri seorang surveyor sangat mempermudah pekerjaannya sehingga beliau tak perlu terjun langsung ke medan- medan sulit.
- Dalam bidang arsitektur
- Trigonometri bermanfaat dalam menentukan kemiringan atap, beban struktural, efek bayangan matahari dan sudut cahaya terhadap karya arsitektur.
- Peserta didik dapat memahami satuan ukuran sudut dalam radian dan derajat
- Peserta didik dapat mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian dan derajat
- Peserta didik dapat memahami rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan dan cotangen pada segitiga siku-siku)
Nama Kelompok :
Anggota :
Petunjuk :
- Tuliskan nama kelompok dan nama anggota kelompok pada lembar yang telah disediakan
- Tanyakan hal-hal yang kurang jelas pada guru
- Lakukan langkah-langkah sesuai perintah yang terdapat pada soal
- Kerjakan pertanyaan yang telah diberikan secara individu
- Setelah soal selesai dikerjakan dan waktu sudah habis, perwakilan siswa maju ke depan kelas untuk menuliskan jawaban di papan tulis
Soal :
INSTRUMEN DAN KISI-KISI PENILAIAN
RUBRIK PENILAIAN
- Penilaian Non Kognitif
- Informasi apa saja yang ingin digali?
- Pertanyaan kunci yang ingin ditanyakan
- Kesejahteraan psikologis dan sosial emosi siswa
- Bagaimana perasaanmu saat belajar di rumah?
- Aktivitas siswa selama belajar di rumah
- Apa yang kamu lakukan saat belajar di rumah?
- Kondisi keluarga siswa dan pergaulan siswa
- Saat kamu belajar di rumah, bagaimana dukungan keluargamu?
- Gaya belajar, karakter, serta minat siswa
- Situasi seperti apa yang paling membuatmu nyaman belajar di rumah? Apa pula yang membuatmu tidak nyaman dalam belajar?
- Penilaian Kognitif (Pengetahuan)
- Format penilaian pengetahuan
- Kisi-Kisi Soal
- SMA Negeri 7 Surakarta
- Tahun Pelajaran 2023/2024
- Mata Pelajaran : Matematika
- Kelas : XI B
- Penyusun : Nanditya Vianti Putri
- Alokasi Waktu : 25 menit
- Jumlah Soal : 5 soal
- No.
- Kompetensi Dasar
- Materi
- Tingkat Kesulitan
- Jenis Soal
- No. Soal
- 1.
Peserta didik dapat memahami dan mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian dan derajat
- Ukuran Sudut dan Konsep Dasar Sudut
- Mudah
- PG
- 1
- 2.
- Peserta didik dapat memahami dan mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian dan derajat
- Ukuran Sudut dan Konsep Dasar Sudut
- Mudah
- PG
- 2
- 3.
- Peserta didik dapat memahami dan mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian dan derajat
- Ukuran Sudut dan Konsep Dasar Sudut
- Mudah
- PG
- 3
- 4.
- Peserta didik dapat memahami dan mengubah satuan ukuran sudut dari bentuk radian dan derajat
- Ukuran Sudut dan Konsep Dasar Sudut
- Sedang
- PG
- 4
- 5.
Peserta didik dapat memahami rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan dan cotangen pada segitiga siku-siku)
- Rasio/Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
- Sedang
- PG
- 5
- Surakarta, November 2023
- Penyusun
- Nanditya Vianti Putri
- Penilaian Sikap
- Instrumen Penilaian Sikap -- Observasi pada Kegiatan Pembelajaran
- No.
- Nama
- Gotong Royong
- Mandiri
- Berpikir Kritis
- Kreatif
- Jumlah Skor
- NA
1.
- 2.
- 3.
- 4.
- 5.
- Kolom aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut :
- 4 = sangat baik
- 3 = baik
- 2 = cukup
- 1 = kurang
- Rubrik Penilaian Sikap
- No.
- Aspek yang Dinilai
- Sub Indikator Aspek
- Kriteria Penilaian
- 1.
- Gotong Royong
- Selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan gotong royong, membantu teman-teman, dan mempromosikan kerjasama dalam kelompok
- Sering berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong, menunjukkan inisiatif untuk membantu orang lain
- Terlibat dalam beberapa kegiatan gotong royong, namun belum konsisten atau aktif
- Jarang atau tidak berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong
- Tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong
- 4 = Jika a point dilakukan
- 3 = Jika b point dilakukan
- 2 = Jika c point dilakukan
- 1 = Jika d point dilakukan
- 0 = Jika e point dilakukan
- 2.
- Mandiri
- Dapat mengambil inisiatif sendiri, bertanggung jawab atas tugasnya, dan mampu bekerja secara mandiri dengan baik
- Mampu bekerja mandiri dalam sebagian besar situasi, namun masih membutuhkan bimbingan di beberapa area
- Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri, tetapi sering memerlukan bimbingan
- Kesulitan dalam bekerja mandiri dan selalu membutuhkan bantuan
- Tidak mampu bekerja mandiri sama sekali
- 4 = Jika a point dilakukan
- 3 = Jika b point dilakukan
- 2 = Jika c point dilakukan
- 1 = Jika d point dilakukan
- 0 = Jika e point dilakukan
- 3.
- Berpikir kritis
- Mampu menganalisis informasi dengan mendalam, mengajukan pertanyaan kritis, dan memberikan argumen yang kuat
- Mampu berpikir kritis dalam sebagian besar situasi, namun terkadang perlu bimbingan tambahin
- Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, tetapi masih perlu pengembangan lebih lanjut
- Kesulitan dalam menganalisis informasi secara kritis dan seringkali menerima informasi tanpa pertimbangan
- Tidak mampu berpikir kritis
- 4 = Jika a point dilakukan
- 3 = Jika b point dilakukan
- 2 = Jika c point dilakukan
- 1 = Jika d point dilakukan
- 0 = Jika e point dilakukan
- 4.
- Kreatif
- Menunjukkan kreativitas dalam pemecahan masalah, mampu menghasilkan ide-ide inovatif
- Seringkali mengemukakan ide-ide kreatif, namun terkadang membutuhkan dorongan untuk mengembangkan lebih lanjut
- Memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dalam beberapa situasi
- Kurang kreatif, jarang memberikan ide-ide baru
- Tidak menunjukkan tanda-tanda kreativitas dalam pemecahan masalah
- 4 = Jika a point dilakukan
- 3 = Jika b point dilakukan
- 2 = Jika c point dilakukan
- 1 = Jika d point dilakukan
- 0 = Jika e point dilakukan
- NA = Nilai Akhir
- Penilaian Ketrampilan
- Instrumen Penilaian Keterampilan -- Hasil dan Observasi pada Pengerjaan LKPD
- No
- Nama
- Skor 1 -- 3
- Jml Skor
- NA
- Keaktifan
- Penyelesaian Soal
- Evaluasi
- Kerjasama Kelompok
- 1.
- 2.
- 3.
- 4.
- 5.
- Rubrik Penilaian Kerja
- No
- Aspek yang dinilai
- Sub indikator aspek
- Kriteria penilaian
- 1.
- Keaktifan
- Siswa sangat aktif berpartisipasi dalam pembelajaran
- Siswa cukup aktif dalam berpartisipasi dalam pembelajaran
- Siswa kurang aktif dalam pembelajaran
- Siswa tidak aktif dalam pembelajaran
- 3 = Jika point a dilakukan
- 2 = Jika point b dilakukan
- 1 = Jika point c dilakukan
- 0 = Jika point d dilakukan
- 2.
- Penyelesaian Soal
- Siswa dapat memahami dan menyelesaikan soal dengan benar dan lengkap
- Siswa cukup memahami dan menyelesaikan soal dengan benar dan lengkap
- Siswa kurang memahami dan menyelesaikan soal dengan benar dan lengkap
- Siswa tidak dapat memahami dan menyelesaikan soal dengan benar dan lengkap
- 3 = Jika point a dilakukan
- 2 = Jika point b dilakukan
- 1 = Jika point c dilakukan
- 0 = Jika point d dilakukan
- 3.
- Evaluasi
- Kelompok dapat menuliskan jawaban serta menjelaskan bagaimana penyelesaian soalnya dengan baik dan benar di depan kelas
- Kelompok dapat menuliskan jawaban serta menjelaskan bagaimana penyelesaian soalnya dengan baik dan benar di depan kelas namun masih terdapat beberapa point yang salah
- Kelompok kurang tepat dalam menuliskan jawaban serta menjelaskan bagaimana penyelesaian soalnya di depan kelas
- Kelompok tidak dapat menuliskan jawaban serta menjelaskan bagaimana penyelesaian soalnya di depan kelas
- 3 = Jika point a dilakukan
- 2 = Jika point b dilakukan
- 1 = Jika point c dilakukan
- 0 = Jika point d dilakukan
- 4.
- Kerjasama Kelompok
- Kelompok sangat baik dalam bekerja sama dan berdiskusi
- Kelompok cukup baik dalam bekerja sama dan berdiskusi
- Kelompok kurang baik dalam bekerja sama dan berdiskusi
- Kelompok tidak baik dalam bekerja sama dan berdiskusi
- 3 = Jika point a dilakukan
- 2 = Jika point b dilakukan
- 1 = Jika point c dilakukan
- 0 = Jika point d dilakukan
- NA = Nilai Akhir
-
REFLEKSI
- Refleksi Peserta Didik
Nama : ..................................................................
Sekolah : ..................................................................
Kelas : ..................................................................
Mapel : ..................................................................
Waktu : Hari ....................., Tanggal ...........................
Petunjuk :
Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Jawablah dengan jujur karena ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Kamu hanya perlu menjawab sesuai ekspresi yang ada di lembar ini yang menggambarkan perasaan kamu sangat sedih, sedih, senang atau sangat senang dengan memberi tanda ceklis ().
No.
Pertanyaan
Tidak Senang
Kurang Senang
Senang
Sangat Senang
1.
Saya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
2.
Saya memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru
3.
Kami boleh bertanya tentang apa saja kepada guru
4.
Guru membentuk kelompok dalam pembelajaran dengan adil
5.
Guru memberikan umpan balik kepada kami saat menjelaskan materi
6.
Pembelajaran yang diberikan membuat kami termotivasi untuk terus belajar
7.
Guru memperhatikan dan peduli kepada semua siswa di kelas
8.
Guru selalu memberikan motivasi
9.
Guru bertanya apakah kami senang atau tidak dengan pelajarannya
- Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan!
- Bagaimana perasaan kamu/apa yang kamu pikirkan setelah mempelajari Trigonometri?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa hal baru yang baru saja didapat dari kegiatan pembelajaran ini?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa ada kendala pada kegiatan pembelajaran ini?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Cara belajar apa dan bagaimana yang membantu dalam memahami materi pembelajaran?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Pelajaran berharga apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan pembelajaran ini?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apakah kamu dapat merefleksikan seluruh kegiatan pembelajaran hari ini? Dapatkah pembelajaran hari ini digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Refleksi Guru
- Nama : ..................................................................
- Kelas yang diampu : ..................................................................
- Waktu : Hari ....................., Tanggal ...........................
- Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan!
- Apakah ada permasalahan baik dalam persiapan maupun pada saat proses pembelajaran terkait dengan sarana dan prasarana?
- Jawaban :
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apakah semua peserta didik aktif dan antusias selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa hal menarik yang saya temukan selama proses pembelajaran?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa saja kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apakah kesulitan yang dialami peserta didik dapat teratasi?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa level pencapaian rata-rata peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ini?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa yang belum dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran ini?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apakah seluruh peserta didik dapat tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa strategi yang harus dipilih supaya peserta didik dapat menuntaskan kompetensi?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Apa yang perlu diperbaiki dari pembelajaran yang sudah dilakukan?
- ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
-
- Refleksi Guru Senior
- Sekolah : ..................................................................
- Nama Observer : ..................................................................
- Waktu : Hari ....................., Tanggal ...........................
- Petunjuk Pengisian Lembar Observasi
- Berilah tanda () pada setiap kolom di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
- Ya : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan memenuhi aspek
- Tidak : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan tidak memenuhi aspek
- Penilaian Observasi keterlaksanaan pembelajaran
- Aspek yang Diamati
- Penilaian Keterlaksanaan Pembelajaran
- Catatan
- Ya
- Tidak
- Kegiatan Pendahuluan
- 1
- Menyiapkan media pembelajaran
- 2
- Mengucapkan salam
- 3
- Memulai dengan berdoa bersama-sama
- 4
- Mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran
- 5
- Melakukan presensi siswa
- 6
- Mengisi buku agenda kelas
- 7
Menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini
- 8
Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan trigonometri
- 9
Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- 10
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
- 11
Guru mengaitkan kejadian sehari-hari dengan materi
- 12
Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- 13
Memberikan pertanyaan pemantik
- Kegiatan Inti
- Orientasi Peserta Didik terhadap Masalah
- 1
- Peserta didik dibantu guru mengamati beberapa permasalahan dan materi singkat mengenai trigonometri melalui media pembelajaran
- 2
- Peserta didik diberi kesempatan untuk membuat pertanyaan atau menanyakan beberapa permasalahan yang telah disajikan
- Mengorganisasi Peserta Didik Untuk Belajar
- 1
- Membagi kelompok peserta didik (jika dilaksanakan secara berkelompok)
- 2
- Memberikan LKPD kepada peserta didik
- 3
- Membimbing siswa untuk memahami petunjuk pengerjaan tugas (LKPD)
- 4
- Membuat kesepakatan lama waktu pengerjaan dengan peserta didik
- Membimbing Penyelidikan yang Dilakukan Secara Individu Maupun Kelompok
- 1
- Menyelesaikan permasalahan yang disajikan pada LKPD dan menuliskan jawabannya pada LKPD oleh peserta didik
- 2
- Membimbing siswa dalam kegiatan penyelidikan
- 3
- Menghasilkan suatu solusi pemecahan masalah oleh peserta didik
- Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
- 1
- Mempresentasikan hasil pekerjaan LKPD dengan menuliskan jawabannya pada papan tulis dan menjelaskan bagaimana cara pemecahan masalah dapat diperoleh oleh peserta didik
- 2
- Memperhatikan peserta didik yang maju, dan memberikan tanggapan oleh peserta didik yang tidak sedang maju
- 3
- Mendampingi dan melakukan penilaian saat peserta didik sedang presentasi
- 4
- Mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik
- 5
- Memberikan reward berupa tepuk tangan bagi yang selesai presentasi di depan kelas
- Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
- 1
- Mengumpulkan LKPD oleh peserta didik
- 2
- Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan memberikan pendapat terkait permasalahan yang sedang didiskusikan pada pertemuan tersebut
- 3
- Menyimpulkan pemecahan masalah yang telah dilakukan
- Penutupan
- 1
- Melakukan refleksi pembelajaran
- 2
- Menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan
- 3
- Menyampaikan materi atau kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya
- 4
- Menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam
Lampiran 3. Modul Ajar
KEGIATAN SEBELUM KUNJUNGAN KELAS
TELAAH MODUL AJAR
FKIP-UNS
Nama Praktikan : ...........................................................................
Sekolah : ...........................................................................
Kelas/Semester : ...........................................................................
Mata Pelajaran : ...........................................................................
Lingkup Materi : ...........................................................................
Hari/Tanggal : ...........................................................................
No
Komponen Modul Ajar
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan Revisi
1
2
INFORMASI UMUM
A
Identitas Modul Ajar
Tidak Ada
Ada
Lengkap
Terdapat nama penyusun, nama institusi, tahun disusunnya, jenjang sekolah, kelas/fase, elemen, capaian pembelajaran, alokasi waktu
B
Kompetensi Awal
Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang. Mencakup kata kunci dan pengetahuan dasar.
C
Profil Pelajar Pancasila
Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar. Profil Pelajar Pancasila terdiri : beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
D
Sarana dan Prasarana
Merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk sarana dan prasarana yang penting untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan agar pembelajaran lebih dalam dan bermakna. Terdiri dari fasilitas dan lingkungan belajar.
E
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target yaitu; Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesuitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berpikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
F
Model Pembelajaran
Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dengan jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.
KOMPETENSI ISI
A
Tujuan
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.
B
Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
C
Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.
D
Kegiatan Pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.
E
Asesmen
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Jenis asesmen: Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik), Asesmen selama proses pembelajaran (formatif), Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif). Bentuk asesmen yang dilakukan: Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dananecdotal; Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.); Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
F
Pengayaan Remedial
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.
LAMPIRAN
A
Lembar Kegiatan Peserta Didik
Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik non reguler.
B
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Bahan bacaan guru dan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.
C
Glosarium
Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.
D
Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah sumber-sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar. Referensi yang dimaksud adalah semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.)
Jumlah Skor
Saran
Perbaikan : ...
Surakarta,
Guru Pamong/Dosen Pembimbing
.............................................
NIP .......................................
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI