Saya selalu tertarik dengan teknologi, sehingga saya sangat senang ketika perkuliahan saya mengadopsi pembelajaran hybrid online dan offline. Konsep pembelajaran hybrid ini memungkinkan siswa belajar melalui kombinasi dari beberapa cara, termasuk les online dan kelas offline. Dengan menggabungkan cara belajar online dan offline, pendidikan di perkuliahan saya menjadi lebih efisien, interaktif dan produktif.
Ketika kelas pertama saya dimulai, saya sangat gugup. Kami diberitahu bahwa kami akan belajar secara hybrid, tetapi saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Saya tidak pernah belajar secara online sebelumnya. Namun, setelah mendengarkan instruksi dari dosen, saya mulai merasa lebih nyaman.
Dosen kami memberi kami tutorial tentang bagaimana memulai pembelajaran hybrid online dan offline. Mereka juga memberi tahu kami cara menggunakan platform pembelajaran digital yang kami gunakan. Platform ini memungkinkan kami untuk mengakses materi pelajaran dan mengerjakan tugas dan latihan secara online. Kami juga bisa mengirimkan tugas-tugas kepada dosen melalui platform ini. Dosen kami juga mengajarkan kami tentang cara berinteraksi dengan teman sekelas dan dosen secara online.Â
Kami belajar cara berpartisipasi dalam diskusi online dan memposting komentar di kelas virtual. Kami juga belajar cara menggunakan kamera web dan software video untuk berbicara satu sama lain. Saya sangat senang dengan kesempatan untuk belajar cara kerja teknologi modern.
Meskipun belajar melalui platform online, kami juga tetap bertemu secara offline. Kami tetap berkumpul di kelas seperti biasa untuk belajar dan berdiskusi. Dosen kami juga menggunakan metode pembelajaran interaktif. Hal ini memungkinkan kami untuk melakukan diskusi secara offline dan mengajukan pertanyaan kepada dosennya.
Dosen kami juga melibatkan kami dalam proyek yang memungkinkan kami untuk bekerja sama secara online dan offline. Kami memulai proyek dengan mengumpulkan data dan informasi yang relevan. Kemudian, kami bisa berkolaborasi secara online untuk membuat presentasi dan laporan proyek. Selama pembelajaran hybrid online dan offline, saya merasa agak sulit untuk mengikuti materi pelajaran. Beberapa materi yang kami dapatkan dari platform online terkadang begitu kompleks. Bahkan, saya harus meminta bantuan teman sekelas untuk beberapa materi yang paling sulit. Akhirnya, saya berhasil melewati semua materi pelajaran dengan hasil yang memuaskan.
Saya sangat senang dengan pengalaman pembelajaran hybrid online dan offline di perkuliahan saya. Model pembelajaran hybrid yang diterapkan di perkuliahan saya telah membantu saya dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Saya juga telah belajar tentang cara berinteraksi dengan teman-teman dan dosen secara online. Selain itu, saya juga belajar cara bekerja sama dengan teman sekelas secara online.
Kesimpulannya, pengalaman pembelajaran hybrid online dan offline di perkuliahan saya benar-benar menarik. Model pembelajaran hybrid ini telah membantu saya dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Selain itu, saya juga belajar cara berinteraksi dengan teman-teman dan dosen secara online. Saya berharap perkuliahan-perkuliahan lain juga mengadopsi model pembelajaran hybrid ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H