Mohon tunggu...
Naura AinayahSalsabillah
Naura AinayahSalsabillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Mahasiswa Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pohon Emosi sebagai Media untuk Lebih Mengenal Emosi Siswa Kelas 1 SD

20 Februari 2024   10:43 Diperbarui: 18 Maret 2024   21:59 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang atau yang biasa disingkat dengan sebutan PMM ialah suatu bentuk kegiatan mahasiswa yang terjun langsung ke masyarakat. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam kegiatan tersebut kelompok PMM 96 gelombang 2 ikut berkontribusi dalam kegiatan belajar sambil bermain di SDN 01 Ngaglik Kota Batu. Pada kegiatan ini kelompok 96 memilih tema mengenai perkembangan sosial-emosional anak dengan menerapkan secara spesifik mengenai Kompetensi Sosial Emosional pada proses KBM.

Perkembangan sosial-emosional anak melibatkan perubahan fisik dan mental, seperti perasaan sedih, marah, bahagia, ketidak bertanggungjawaban, dan kesulitan pengambilan keputusan. Perkembangan sosial-emosional anak berdampak besar di sekolah, keluarga, dan masyarakat (Wati, 2020). Pengaruhnya mencakup perilaku, penyesuaian, pengendalian diri, dan ketaatan pada aturan. Anak yang beradaptasi dengan lingkungan akan meningkatkan kemampuan sosial-emosionalnya. Pada fase perkembangan sosial-emosional, tidak semua anak dapat mengalamiperkembangan dengan baik; sebaliknya, beberapa anak menghadapi kendala dalamperkembangan sosial-emosional karena adanya pengaruh negatif dari lingkungan sosialdan keluarga yang kurang memberikan dukungan yang memadai (Arifin & Sabri, 2022).Oleh karena itu, tujuan dari program ini adalah untuk menumbuhkan perkembangan sosial-emosional anak usia SD di dalam lingkungan sekolah.

Sumber gambar pribadi
Sumber gambar pribadi

Dengan menerapkan Kompetensi Sosial Emosional pada proses KBM, secara spesifik melatih bagaimana cara meregulasi atau mengelola emosi pada peserta didik. Sehingga kelompok PMM 96 ingin mengoptimalkan pembelajaran sosial emosional dengan beberapa program yang telah  dirancang seperti memberi pemahaman pada anak tentang bagaimana anak bisa memahami perasaan diri sendiri dan orang lain. Selain itu terdapat pula kegiatan mengenal macam-macam emosi, mengekspresikan emosi bersama dengan menggambar dan sebagai sesi akhir belajar bersama dan sebagai penutup kelompok PMM 96 mengajak siswa kelas 1 membuat pohon emosi bersama di kelas. 

Sumber gambar pribadi 
Sumber gambar pribadi 
Kegiatan tersebut merupakan sebuah bentuk mengekspresikan emosi peserta didik kelas 1 untuk mereview kegiatan belajar dan bermain yang telah kita jalani bersama. Dari kegiatan tersebut dapat dilihat bagaimana peserta didik mampu dalam memahami ekspresi emosinya selama proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun