Pemasaran merupakan sistem hilir pada subsektor peternakan. Desa Prajekan Kidul memiliki potensi peternakan domba, kambing, dan sapi. Selama ini proses pemasaran masih berlangsung dengan tidak baik. Peternak jarang menjual ternaknya dikarenakan memiliki orientasi sebagai tabungan dan bukan bisnis. Peternak juga kurang memaksimalkan penjualan hasil samping seperti limbah kotoran ternak.
Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Program Studi Peternakan (HIMAPROSTER) melakukan pelatihan dan pendampingan mengenai strategi pemasaran produk peternakan yang efektif. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan kepada para peternak saat melakukan pemasaran seperti; produk, tempat, harga, dan promosi. Pemasaran produk ternak mampu dilakukan secara offiline maupun online. Penjualan hasil samping produk juga mampu meningkatkan pendapatan dari peternak itu sendiri.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI