PEMBUKAAN PMM DI TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sampang Madura DALAM RANGKA Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur`An Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Dan pemberian Terapi Bermain Konstruktif Pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sampang Madura.
Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting untuk Peningkatan kemampuan membaca anak masih rendah karena dalam menerapkan pembelajaran kurang berfariasi serta keterbatasan media pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu bergambar. pentingnya hal ini membuat anak-anak harus sering diberikan stimulasi agar mereka mengenal dan dapat mengembangkan beragam aspek aspek tersebut.
mengetahui masalah tersebut mahasiswa Universitas muhammadiyah malang (UMM) yang tergabung dalam program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) bhaktimu negeri kelompok 71 gelombang 6 dengan anggotaNaufal Danish Al-Afiqi yang didampingi oleh Rinaldy Achmad R.F , S. A.B.M.M membentuk kegiatan pengabdian masyarakat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal untuk meningkatan kemampuan membaca anak masih rendah karena dalam menerapkan pembelajaran kurang berfariasi serta keterbatasan media pembelajaran.
para mahasiswa UMM ini menggunakan alat pembelajaran dengan menggunakan permainan konstruktif berupa penyusunan balok sederhana sebagai kegiatan belajar guna meningkatkan kognitif anak. Kelompok pmm membantu guru sekolah dan ikut serta dalam kegiatan belajar konstruktif,Kegiatan ini berjalan sebagaimana mestinya karena anak-anak atau siswa siswi telah terbiasa atau rutin dalam mengerjakan sebagai bentuk bermain.Â
PMM ini menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (https://umm.ac.id).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H