Angka penggunaan media online di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan dan bahkan sangat cepat.Â
Hal ini dibuktikan dari DataIndonesia.id bahwa sebesar 191 juta orang merupakan pengguna aktif media sosial atau media online, tepatnya pada Januari 2022 dan data yang ditunjukkan oleh DataIndonesia.id ini menunjukkan bahwa jumlah pengguna media online telah naik sebesar 12,35% dari tahun sebelumnya.Â
Naiknya jumlah pengguna media online ini dapat disebabkan karena media online dianggap jauh lebih efektif dalam hal penggunaannya yang cenderung lebih mudah dan penyebaran informasi-informasi yang cenderung lebih cepat.Â
Perkembangan Media Online di Indonesia
Â
Internet mulai muncul di Indonesia pada 1990 sehingga internet di Indonesia terbilang masih relatif baru.Â
Namun, seiring berjalannya waktu yang juga didorong dengan perkembangan zaman yang semakin maju, Indonesia telah mengalami euforia online yang terjadi pada akhir 1990 hingga awal 2000 (Widodo, Y., 2020: 43).Â
Euforia merupakan kebahagiaan yang sangat mendalam dan melewati batas yang disebabkan oleh suatu hal atau situasi tertentu sedangkan, euforia online merupakan sebuah situasi di mana seseorang merasakan kebahagiaan yang luar biasa dengan mengakses internet dan media online.Â
Secara sederhana, individu-individu yang mengalami euforia online ini cenderung menjadikan internet dan media online menjadi bagian dari hidupnya.Â
Media online telah berada di bawah pengaruh besar pemerintah pada saat media online muncul pertama kali di Indonesia.Â