Mohon tunggu...
Natasya Tsary Destiana
Natasya Tsary Destiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semangat selalu!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Empat Keterampilan Berbahasa, Menyimak, Berbicara, Membaca, dan Menulis

4 Desember 2023   16:32 Diperbarui: 4 Desember 2023   16:46 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam pembelajaran bahasa terdapat empat keterampilan berbahasa (language skills) yang menjadi sasaran pokok, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menyimak dan berbicara dikategorikan dalam keterampilan berbahasa lisan, sedangkan keterampilan membaca dan menulis dikategorikan dalam keterampilan berbahasa tulis. Menyimak dan berbicara merupakan kegiatan komunikasi dua arah yang langsung, merupakan komunikasi tatap muka atau face to face communication. Agar sebuah pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih efektif, maka memerlukan sebuah strategi yang cocok guna mendukung proses pembelajaran. Strategi pembelajaran berperan sangat penting untuk menciptakan sebuah pembelajaran yanglebih efektif agar membuat lebih tertarik. Menyimak merupakan keterampilan lisan reseptif. Tujuan menulis adalah menerima, memahami, dan memaknai bahasa lisan. Berbicara merupakan keterampilan lisan produktif. Tujuan berbicara adalah menyampaikan gagasan dan perasaan secara lisan dengan cara yang tepat. Membaca merupakan keterampilan tulis reseptif. Tujuan membaca adalah memahami, memaknai, dan menafsirkan teks untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menulis merupakan keterampilan tulis produktif. Tujuan menulis adalah menyampaikan gagasan dan perasaan secara tertulis dengan efektif. Pada bab ini penulis akan mendeskripsikan temuan-temuan dari hasil penelitian tentang "Keterampilan Menyimak, Berbicara, Membaca Dan Menulis " yang meliputi definisi pembahasan dan tujuan hasil penelitian. Pemaparan berdasarkan dua siklus tindakan perbaikan pembelajaran. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Acuan yang digunakan dari keempat tahap tersebut, sebagaimana disesuaikan dengan desain dalam penelitian ini.
Dalam pembelajaran bahasa terdapat empat keterampilan berbahasa (language skills) yang menjadi sasaran pokok, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menyimak dan berbicara dikategorikan dalam keterampilan berbahasa lisan, sedangkan keterampilan membaca dan menulis dikategorikan dalam keterampilan berbahasa tulis.
Tujuan Aspek Keterampilan Menyimak, Berbicara,Membaca dan Menulis.
a.tujuan menyimak:
Menyimak untuk belajar di mana orang tersebut bertujuan agar ia dapat         memperoleh pengetahuan dari bahan ujaran sang pembicara.
Menyimak untuk mengevaluasi, orang menyimak dengan maksud agar ia dapat menilai apa-apa yang dia simak (baik-buruk, indah-jelek, logis-tidak logis, dan lain-lain).
Menyimak untuk mengapresiasi, orang yang menyimak dapat menikmati serta menghargai apa yang disimaknya (misalnya pembacaan puisi, musik, atau masih banyak lainnya).
Menyimak untuk mengkomunikasikan ide-ide di mana orang yang
menyimak bermaksud agar ia dapat mengkomunikasikan ide-ide, gagasan, atau perasaan kepada orang lain dengan lancar.
b.tujuan berbicara
 bahwa tujuan berbicara ialah untuk:
Memberitahukan sesuatu kepada pendengar Meyakinkan atau mempengaruhi pendengar
Menghibur pendengar
Untuk berkomunikasi
Memberitahukan atau melaporkan informasi kepada penerima informasi
c.tujuan membaca
Tujuan membaca antara lain:
kesenangan
menyempurnakan membaca nyaring;
menggunakan strategi tertentu;
memperbarui suatu pengetahuan tentang topik;
mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahui;
memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis
d.tujuan menulis
 "Tujuan menulis adalah;
tulisan untuk memberitahukan atau mengabarkan disebut
tulisan yang bertujuan menghibur atau menyenangkan atau yang mengandung tujuan estetik
tulisan yang bertujuan untuk meyakinkan atau mendesak
tulisan yang mengekspresikan perasaan dan emosi yang kuat dan  berapi-api.

Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Keterampilan Menyimak, Berbicara, Membaca dan Menulis Keterampilan berbahasa terdiri atas 4 aspek, yakni keterampilan mendeng

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun