Mohon tunggu...
Natasia Lumintang
Natasia Lumintang Mohon Tunggu... Pengacara - Mahasiswa

Suka membaca novel dan medengarkan lagu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

9 Desember 2022   17:48 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:52 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam proses geladi ini saya melakukan banyak hal dimulai dengan tugas pra geladi yaitu menyimak Indonesia raya 3 stanza dan menonton film dokumenter singkat. Setelah menyelesaikan tugas pra geladi saya diberikan daftar kelompok saya dimana kelompok tersebut rekan-rekan mahasiswa lintas jurusan. 

Pada hari geladi saya belajar tentang SINDU UNPAR, pentingnya logika Pendidikan warganegara yang baik dan berdinamikan atau bekerjsama dengan kelompok saya dalam mengerjakan presentasi. Di dalam kelompok saya diajarkan untuk aktif menyampaikan pendapat dan belajar juga untuk menghargai pendapat orang lain. 

Setelah berdinamika di dalam kelompok, setiap kelompok menampilkan presentasinya dan di dalam setiap presentasi kelompok saya bisa mendapatkan hal yang mereka sampaikan kepada saya. Penutupan geladi juga kita mendengarkan kata-kata dari beberapa dosen matakuliah yang bersangkutan.

Yang bisa saya refleksikan dari pengalama geladi ini adalah sangat penting kita bertutur kata yang baik dan benar. Kita juga harus menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. Dalam geladi ini saya diajak untuk berani mengeluarkan pendapat dan di ajak untuk aktif dalam kelompok.

Setelah saya mengikuti geladi kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara sangat dibutuhkan untuk membantu memajukan bangsa. Kita sebagai mahasiswa harus bisa menggunakan logika berpikir dengan kristis dan tidak menyimpang. Bahasa yang baik juga penting untuk kita menjadi warga negara karena dengan perkataan kita dapat mencerminkan negara kita sendiri seperti apa.

Manfaat yang saya dapatkan ketika mengikuti geladi ini sangat banyak. Saya diajarkan untuk berpikir menggunakan logika dan berbahasa yang baik dan benar. Tidak hanya itu, dalam dinamika kelompok saya mendapatkan banyak manfaat yaitu untuk berani menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.

Setelah mengikuti geladi cara saya untuk menerapkannya dalam kuliah adalah dengan cara aktif di kelas untuk menyatakan pendapat tetapi pendapat yang menggunakan Bahasa yang baik dan pendapat yang berlogika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun