Twitter menjadi sebuah fenomena tersendiri di dunia jejaring sosial. Situs mikroblogging yang dibangun oleh Jack Dorsey pada tahun 2006 ini menjadi sebuah situs mikroblogging paling ternama di planet bumi. Anak muda bahkan kaum selebriti serta tokoh-tokoh publik pun saling berlomba-lomba menunjukan dirinya eksis di situs mikroblogging tersebut. Lantas apa yang menjadikan twitter begitu digandrungi oleh berbagai kalangan tersebut ? Mungkin menurut pemikiran saya adalah orang-orang menggandrungi twitter karena keterbatasannya yang hanya menyediakan 140 karakter untuk ditulis, justru dengan keterbatasan inilah yang membuat pengguna twitter semakin menggilainya sebab penggunanya harus berpikir bagaimana memanfaatkan 140 karakter tersebut agar semua gagasan yang dimilikinya dapat diungkapkan. Alasan lainnya adalah twitter lebih sederhana, sebab tidak terlalu banyak aplikasi serta tidak adanya iklan, kecuali iklan yang bertebaran di linimasa yang memang disebarkan akun-akun tertentu yang memanfaatkan twitter sebagai salah satu alat pemasarannya, serta banyak aplikasi pihak ke-3 nya atau sering dikenal dengan "Twitter web client", yang bebas dipakai oleh setiap pengguna twitter. Lalu seperti apa saja kicauan kicauan yang sering berlalu-lintas dilinimasa ? Melalui tulisan ini mungkin saya mengkategorikan kicauan manusia-manusia pengguna twitter dengan 4 golongan besar :
- Kicauan penggembira : banyak akun-akun di twitter yang menjadi penggembira di twitter, akun-akun tersebut digemari oleh para followersnya karena apapun yang mereka twit pasti mengundang tawa para pengikutnya.
- Kicauan Pakar : akun yang bertipe ini adalah akun yang dimiliki oleh para pakar dibidang-bidang tertentu yang menjadi keahlian mereka, selain itu para twitterer yang bertipe ini adalah akun-akun dari orang-orang yang mempunyai pengaruh besar dimasyarakat atau tokoh publik, biasanya isi kicauannya bermanfaat, tak jarang merekapun membagikan tautan yang penting untuk dibaca.
- Kicauan promo : yang mengisi kicauannya dengan mempromosikan apa yang mereka jual, biasanya akun seperti ini tidak peduli dengan followers mereka menyukai kicauannya ataupun tidak, dan tak jarang akun-akun seperti ini berkicau seperti menebarkan sampah di timeline.
- Kicauan numpang curhat : Yang termasuk ke kategori numpang curhat adalah akun yang mengisi kicauannya dengan keluh-kesah pribadinya, serta hal-hal yang tidak penting diketahui oleh publik, biasanya akun twitter yang seperti ini adalah akun twitter yang dimiliki oleh pengguna berusia remaja.
Nah, seperti apa kicauan saya sendiri ? untuk lebih jelasnya sepertia apa dan bertipe apa kicauan saya ? anda sekalian boleh menyimaknya di akun @NATALIUZONE, dan mengkategorikannya sebagai akun yang memiliki kicauan seperti apa, sebab saya tidak bisa mengkategorikan tipe kicauan saya sendiri
Read more at:Â http://www.katanatalius.com/2011/10/seperti-apa-kicauanku.html
Copyright www.katanatalius.com Under Common Share Alike Atribution
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H