Dua tahun terakhir ini saya diberi amanah untuk mengembangkan sistem informasi tingkat perguruan tinggi. Secara garis besar, aktvitas ini saya awali dengan melakukan analisis kondisi exixting sistem yang sudah berjalan.Â
Asik..... setelah itu baru saya dan tim mencoba menyusun ulang model data yang mencakupi seluruh bisnis proses. Hasilnya ditahun adalah basis data dalam skala 'besar', saya sebut demikian, karena terdapat lebih dari  300 tabel yang saling bereasional. Beberapa tabel dihasilkan tentu saja melalui proses yang tidak mudah.... he he he... apasih... kayaknya susah amat....
Ditahun pertama juga kami menghasilkan beberapa fitur aplikasi yang terintegrasi, dan setelah diuji coba, layak untuk digunakan. tahun ini memasuki tahun kedua, beberapa fitur nampaknya sudah mulai mendapat dihati pengguna. Salah satu diantaranya adalah fitur pencatatan aktivitas kegiatan pegawai di lingkungan kerja kami.Â
Hari ini, kami berencana meluncurkan beberapa fitur, yang tujuan utamanya adalah membantu manajemen file tingkat program studi dalam hal aktivitas mahasiswa calon lulusan. Salah satunya akan digunakan dalam pencatatan pendamping ijazah para alumi. Untuk maksud tersebut, sudah dua hari ini saya melakukan sinkronisasi basis data: struktur dan data. Hal ini saya lakukan secara 'manual', belum ada fasilitas midleware yang disiapkan. Bukan berarti tidak ada diplaning fitur aplikasi, hanya saja kami menempatkannya di prioritas terendah.Â
Alasannya adalah untuk melakukan hal ini, sementara kami sudah cukup dengan aplikasi-aplikasi pendukung, misalnya MySQL Workbench dengan beberapa fitur Andalanya.Â
Saat tulisan ini dipublish, 50 persen proses sinkronisasi sudah dilewati, semoga lancar sampai akhir ya ... Amin. Dan semoga hari ini tanpa kendalam kami bisa melakukan soft launching .... lagi
Salam
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H