Mohon tunggu...
natalia olivia
natalia olivia Mohon Tunggu... -

introvert and normal

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Anak Anda Bukan Boneka Anda

27 Agustus 2014   22:46 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:21 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Saya mungkin belum punya anak, tapi saya tahu rasanya dibesarkan oleh orangtua yang menganggap saya replika mereka. Saya tidak punya kebebasan memilih pendidikan, karir, pasangan hidup, bahkan model rambut kesukaan saya. Saya harus menjadi sama dengan mereka, sesuai dengan yang mereka inginkan, jika tidak saya dijauhi dan dihukum.

Semakin dewasa saya semakin berani untuk mandiri dan membela diri, namun saya sungguh mendapat pembelajaran meski itu dari kisah hidup saya sendiri, jika nanti memiliki anak, perlakukan dia seperti manusia. Anak pada usia dini memang akan selalu mengikuti apa saja yang diarahkan tanpa pertanyaan, tapi tunggu sampai mereka dewasa, saat otak kritis mereka mulai berkembang. Setiap anak  lahir dengan kepribadian, ketertarikan, dan keunikan masing-masing, saat orangtua gagal melihat itu sebagai anugerah maka masalah ada di mereka, bukan di anak. Tuhan menciptkan manusia berbeda-beda, jika sebagai orangtua anda ingin menciptakan mini you, silahkan pergi ke toko boneka, buat sesuai keinginan anda. Anak anda manusia. Bukan boneka anda.

Setiap anak itu berharga. Semua yang ada di dalam dirinya adalah pemberian Tuhan, menolak keberadaan aslinya dan berusaha mengubahnya adalah sebuah perlawanan terhadap Tuhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun