Indonesia akan mengalami bonus demografi dengan usia produktif tertinggi di antara usia anak-anak dan orang tua. Seperti laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa dari tahun 2015 Indonesia sudah mulai membuahi generasi emas, sampai tahun 2045 merupakan puncak dari generasi emas Indonesia. Dengan demikian pada periode tahun tersebut (2015-2045) Indonesia menyiapkan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045 atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia.Â
Pendidikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata didik kemudian kata ini mendapat imbuhan me- sehingga menjadi mendidik, artinya memelihara dan memberi latihan. Pendidikan memiliki pengertian yaitu proses mengubah sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok dalam upaya untuk mendewasakan manusia melalui pendidikan dan latihan, proses perbuatan, kekuatan spiritual untuk kehidupan di masa yang akan datang. Dikatakan bahwa pendidikan di dalam negara menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan demi kemajuan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pendidikan dapat dipahami sebagai proses yang berkelanjutan dan penting sampai akhir hayat.
Pendidikan memiliki peran penting untuk menyongsong generasi emas Indonesia tahun 2045 karena pendidikan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter sangat penting untuk membangun peradaban yang maju, namun sumber daya manusia yang rendah akan menghasilkan peradaban yang lebih buruk. Oleh karena itu, Indonesia menyiapkan akses seluas-luasnya untuk mendapat pendidikan bagi seluruh anak bangsa, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan perguruan tinggi.Â
Indonesia harus memiliki strategi dalam pendidikan yang lebih baik untuk mewujudkan generasi emas 2045. Tantangan pendidikan yang ada di Indonesia harus segera diatasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yang akan membantu Indonesia berkembang menjadi negara maju dan menghasilkan Indonesia emas sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia dari masa ke masa. Berikut usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, seperti :Â
Pendidikan Merata dan Terfasilitasi Dengan Baik
Pemerintah harus berusaha untuk membuat pendidikan di Indonesia merata dan memiliki kualitas pendidikan yang sama di setiap daerahnya, sehingga persentase untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045 akan lebih tinggi. Pemerataan bukan hanya proses belajar saja namun dalam fasilitas sarana dan prasarana harus sama di setiap daerahnya untuk keseimbangan pendidikan Indonesia. Fasilitas yang baik sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan adanya sarana dan prasarana yang tersedia maka akan memudahkan proses pembelajaran dengan lebih mudah dan efektif.
Meningkatkan Kompetensi Guru
Masalah kekurangan guru yang berkualitas sering terjadi di beberapa daerah, terutama di daerah pedesaan dan terpencil di Indonesia. Kompetensi guru juga belum cukup mumpuni untuk menghasilkan generasi emas. Dibuktikan dengan masih banyak guru yang belum bisa mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta masih minim keterampilan guru dalam penggunaan teknologi, padahal pendidik dituntut harus lebih inovatif, kreatif, dan berani. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan program pelatihan lanjutan kepada guru untuk membangun model pengajaran yang lebih efektif dan efisien.Â
Perbaikan Kurikulum
Penyusunan kurikulum hendaknya melihat sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana yang ada. Mengetahui segala bentuk kondisi langsung di sekolah untuk menunjangnya pendidikan yang baik. Selama ini Indonesia terus berganti kurikulum, dengan hal itu peserta didik memiliki kualitas diri yang berbeda setiap generasi kurikulumnya. Seharusnya kurikulum harus mewadahi berbagai gaya belajar siswa dari masa ke masa agar kualitas diri siswa akan menjadi lebih baik.