Mohon tunggu...
nasir fauzi
nasir fauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa - siswa

memiliki hobi bermain geam

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Proses Fenomena Waralaba

27 September 2024   07:48 Diperbarui: 29 September 2024   22:54 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis waralaba adalah bentuk kerja sama bisnis antara pemilik merek suatu produk dengan pihak lain yang ingin memasarkan produk tersebut. Franchise atau Waralaba salah satu tipe usaha yang saat ini populer dijalankan oleh setiap orang karena dianggap dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan membutuhkan modal yang cukup besar juga,tetapi bisnis ini bisa membalikkan modal bagi pengusaha yang menggunakan teknik ini.Bisnis franchise merupakan bisnis alternatif bagi pengusaha untuk mengembangkan usahanya agar jangkauanya lebih luas dalam masyarakat dan menentukan prosedur, dengan ini pengusaha bakal lebih bisa membalikkan modal lebih dari uang modal dari itu franchise/waralaba merupakan tipe usaha yang cocok bagi siapa saja yang mau memulai bisnis.

 Awal mula munculnya Waralaba ini di sekitar tahun 1950 dan di publikasikan oleh seorang bernama Isaac Singer, di Amerika Serikat. Waralaba adalah model bisnis yang sudah ada sejak lama, tepatnya sekitar tahun 1930-an. Saat itu Howard Deering Johnson memperkenalkan bisnis restoran cepat saji miliknya yang bernama McDonalds. Waralaba memiliki peluang sukses lebih cepat karena li putan media yang baik dan juga sudah memiliki pasar dan konsumen setia atau konsumen tetap. Bisnis waralaba mempunyai dampak baik yaitu mengurangi tingkat pengangguran, peningkatan pendapatan masyarakat, perekonomian Indonesia, dan meningkatkan pemakaian bahan baku lokal Indonesia. Cara kerja sistem waralaba ini dengan memperluas produk atau jasa dengan memakai lisensi dagang. Pelaku bisnis berperan sebagai pemegang franchisee. Nantinya pelaku bisnis ini membayar royalti dan biaya awal ke Franchisor.

 Bisnis Waralaba dapat mendorong pertumbuhan ekonomi karena memiliki peluang sukses yang lebih cepat dan bisa dijadikan Sebagai bisnis alternatif bagi para pengusaha untuk memperluas usahanya. Penggunaan waralaba cocok untuk seseorang yang awal ingin memulai bisnis baru.

Daftar pustaka:

-Nila Safira (2023, 21 November) fenomena franchise di kalangan pebisnis Indonesia. Diakses pada 21 November 2023 dari https://www.kompasiana.com/nilasafira 0149/655ccd34ee794a35786ccef5/fenomena-franchise-di-kalangan-pebisnis-Indonesia

-Rishna Maulina (2020, 2 Januari) Keuntungan dan kekurangan Bisnis Waralaba atau Franchise. Diakses pada 2 Januari 2020 dari https://www.jurnal.id/id/blog/keuntungan-dan-kekurangan-bisnis-waralaba

-Rusti R (2019, 13 september) Bisnis Waralaba Diharapkan Dapat Dorong Pertumbuhan Ekononi. Diakses pada 13 september 2019 dari https://mnews.co.id/read/berita-lainnya/bisnis- Waralaba-diharapkan-dapat-dorang-pertumbuhan-ekonomi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun