Mohon tunggu...
Nashwa Putri
Nashwa Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR), Hobi saya bernyanyi, menulis, renang, belajar. Makanan favorit saya yaitu buah dan sayur Saya bercita-cita menjadi seorang DOKPOL.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Komunikasi Pelayanan Praktik Dokter Hewan Klinik BWX Banyuwangi

17 Desember 2024   08:51 Diperbarui: 17 Desember 2024   08:51 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Banyuwangi 2024, Pada hari Jumat, 08 November 2024 pada pukul 10.45 WIB saya melakukan kunjungan field study di Klinik BWX Petcare Banyuwangi, Klinik tersebur berlokasi di Jalan Musi No. 14, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Saya melakukan kunjungan field study ini untuk melaksanakan observasi pengamatan dengan tujuan memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Kesehatan dan Layanan Dasar Kesehatan & Logika dan Pemikiran Kritis mengenai bagaimana pelayanan di Klinik Dokter Hewan BWX Banyuwangi. Komunikasi yang efektif antara dokter hewan, pemilik hewan, dan staf pendukung adalah bagian penting dari pelayanan hewan yang baik di sebuah klinik. Di Klinik BWX Banyuwangi, komunikasi sangat penting untuk memberikan layanan yang optimal kepada pasien dan pemilik hewan peliharaan. Keberhasilan pelayanan kesehatan hewan sangat dipengaruhi oleh komunikasi yang baik. Pemilik hewan seringkali memiliki pertanyaan atau masalah yang rumit tentang kesehatan hewan peliharaan mereka. Dalam situasi seperti ini, dokter hewan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik seperti : 

1. Mendengarkan secara aktif : Mendengarkan keluhan pemilik hewan untuk memahami masalah secara menyeluruh. 

2. Memberikan informasi yang jelas: Menggunakan bahasa yang mudah dipahami untuk menjelaskan diagnosis, prosedur medis, dan langkah perawatan. 

3. Membangun hubungan yang positif: Memberikan rasa nyaman dan percaya kepada pemilik hewan sehingga mereka yakin terhadap tindakan medis yang dilakukan.  

komunikasi yang dilakukan di klinik BWX Petcare Banyuwangi Dokter dan karyawan Klinik BWX selalu berusaha memahami perasaan pemilik hewan. Dalam kasus yang sensitif, seperti hewan yang sakit parah atau situasi darurat, dokter memberikan penjelasan dengan nada yang tenang dan mendukung. 

Kasus yang pernah ditemukan di Klinik BWX Petcare Banyuwangi yaitu seperti Kucing yang terindikasi mengalami Feline Infectious Peritonitis (FIP) tipe basah. Rapid test antibodi FIP reaktif (+). 

Lalu ada kasus yang pernah ditangani oleh drh. Feby Dwi W. kasus yang pernah ditangain oleh beliau yaitu anjing yang terdeteksi Rabies tetapi dokter feby tidak langsung menanganin hal tersebut dikarenakan kasus ini sangat rawan bahaya, kata dokter Feby jika menemukan kasus rabies ini harus segera ditangani oleh pemerintah dan segera langsung beritahu oleh pemerintah atau pihak yang berwajib. di Klinik BWX Petcare Banyuwangi juga ada penanganan Nebulasi, Nebulasi merupakan terapi uap untuk membantu melancarkan & melegakan nafas anabul yang sedang mengalami ganguan pernafasan. 

Penerapan komunikasi yang baik di Klinik BWX memberikan sejumlah manfaat, yaitu :

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan klinik. 
  • Meminimilkan miskiskomunikasi yang dapat memengaruhi kualitas perawatan hewan.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan melalui pelanggan melalui pengalaman positif.

Selain itu Klinik Hewan BWX Banyuwangi juga ada Petshop, Grooming dan Penitipan .

Klinik BWX Banyuwangi telah membuktikan bahwa kemampuan untuk mendengarkan, memberikan penjelasan, dan berempati dengan pelanggan adalah kunci sukses dalam pelayanan kesehatan hewan. Klinik BWX diharapkan dapat menjadi model bagi praktik dokter hewan lainnya di Indonesia dengan terus meningkatkan keterampilan komunikasi.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun