Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran
sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam
tujuan tertentu yang ingin dicapai. Belajar adalah sesuatu kegiatan yang tidak
terpisahkan dalam kehidupan manusia. Kegiatan belajar dapat mengembangkan
potensipotensi yang dibawa sejak lahir. Komponen-komponen yang ada dalam
kegiatan pembelajaran adalah guru dan siswa. Seorang guru dituntut mempunyai
pengetahuan, keterampilan dan sikap yang profesional dalam memberikan
pembelajaran terhadap siswa-siswanya.
Pendekatan deduktif merupakan pemberian tentang prinsip-prinsip isi
pelajaran, kemudian dijelaskan dalam bentuk penerapannya atau contoh-
contohnya dalam situasi tertentu. Pendekatan ini menjelaskan teoritis ke bentuk
realitas atau menjelaskan hal-hal yang bersifat umum ke yang bersifat khusus
(Yamin, 2013 :169). Pendekatan deduktif ditandai dengan pemaparan konsep,
definisi dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran induktif merupakan pendekatan yang dimulai
dengan pemberian fakta, kasus, contoh, atau sebab yang mencerminkan suatu
konsep atau prinsip. Kemudian peserta didik dibimbing untuk berusaha keras
mensistesiskan, menemukan dan menyimpulkan prinsip dasar dari pendekatan
tersebut (Yamin, 2013 : 169-170). Pembelajaran dengan pendekatan induktif
dimulai dengan melakukan pengamatan terhadap hal-hal khusus dan
menginterpretasikannya, menganalisis kasus, atau memberi masalah konstekstual.
Kesimpulannya adalah Pembelajaran dengan pendekatan deduktif
terkadang sering disebut pembelajaran tradisional yaitu guru memulai dengan
teori-teori dan meningkat ke penerapan teori (contoh). Pendekatan deduktif
ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada bagian awal
pembelajaran. Pendekatan induktif merupakan proses penalaran yang bermula dari
keadaan khusus menuju keadaan umum, pendekatan induktif dimulai dengan
memberikan bermacam-macam contoh, dari contoh-contoh tersebut siswa
mengerti keteraturan dan kemudian mengambil keputusan yang bersifat umum.
Daftar Rujukan
Yamin, M. (2013). Desain Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP
Press Group.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H