Sejak akhir tahun 2019 lalu, manusia harus menghadapi pandemi akibat virus Covid-19 yang mewabah dengan cepat. Virus ini diketahui menyerang saluran pernapasan manusia hingga menyebabkan banyak kematian di seluruh penjuru dunia. Untuk mengurangi angka kematian akibat pandemi virus Covid-19, banyak upaya yang dilakukan.
Salah satu upaya tersebut adalah mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Maka dari itu, terdapat banyak penurunan aktivitas di aspek-aspek kehidupan manusia. Aspek pendidikan menjadi salah satu yang sangat terpengaruh dari adanya himbauan untuk mengurangi kontak fisik.
Kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya dilakukan dengan kontak secara langsung antara pengajar dengan murid di dalam kelas. Namun, selama masa pandemi kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring. Dengan adanya perubahan yang dapat dikatakan secara tiba-tiba, memberikan banyak kendala terutama bagi para pelajar.Â
Banyak pelajar yang menjadi malas belajar dikarenakan kegiatan belajar di rumah saja yang membuat jenuh hingga menghilangkan motivasi untuk belajar.
Yulinaria, Hidayat, dan Suherman (2021) melakukan penelitian mengenai tingkatan motivasi belajar pelajar di Indonesia selama masa pandemi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwasanya pelajar merasakan kekurangan motivasi belajar karena kegiatan belajar daring yang membosankan, tidak mendapatkan hiburan yang cukup, merasa jenuh, dan lingkungan sekitar yang tidak mendukung.
Banyak pelajar mengaku bahwa tidak banyak kegiatan yang dapat dilakukan jika di rumah saja. Nurfaisal (2021) memaparkan penyebab penurunan motivasi belajar pelajar dikarenakan mereka yang tidak dapat bertemu dengan teman-temannya, koneksi jaringan yang buruk, materi pembelajaran yang tidak tersampaikan dengan baik, hingga lingkungan rumah yang tidak mendukung waktu belajar siswa.
Pandemi virus Covid-19 yang ada hingga saat kini mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Segala kegiatan yang hanya bisa dilakukan di rumah menjadikan motivasi belajar pelajar semakin menurun. Hal tersebut dikarenakan permasalahan teknis hingga lingkungan di rumah yang membuat pelajar menjadi tidak bersemangat dalam belajar.
Daftar Pustaka
Nurfaisal. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Dalam Proses Belajar Dari Rumah. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 5(1).
Yulinaria, S. M., Hidayat, W., & Suherman, M. M. (2021). Gambaran Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sukatani). Jurnal Fokus 4(3).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H