Mohon tunggu...
Narita Risdianovi
Narita Risdianovi Mohon Tunggu... Lainnya - Dosen

Menuangkan aksara untuk berbagi pengetahuan, berkolaborasi, dan berkontribusi kepada komunitas.

Selanjutnya

Tutup

Money

JNE, Sang Penyelamat Risnov

26 Januari 2022   10:25 Diperbarui: 26 Januari 2022   10:25 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tentunya sudah menjadi hal umum bahwa efek pandemik menghantam berbagai sektor salah satunya sektor ekonomi. Saya lah salah satu yang terkena imbas tersebut. Hal yang wajar di era saat ini kontribusi wanita harus sejajar dengan kepala keluarga. Hal yang ditanamkan dari ibu saya adalah, perempuan itu harus kerja, harus bisa membantu perekonomian keluarga disamping kewajiban utama nya adalah mengurus kegiatan rumah tangga. Oleh sebab itu, sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anak, dengan dukungan suami, kita berdua memutar otak mencari kesempatan agar kapal yang kita kendalikan goyangan nya tidak sampai menyebabkan tenggelam.

Dengan mengumpulkan modal seadanya dan bantuan salah satu keluarga yang memiliki usaha industri mie kering,  kebetulan pada saat itu membutuhkan seller untuk produk mereka. Saya berkeyakinan melalui keberanian, kekuatan serta harapan, memulai kembali usaha kecil yang sempat terbengkalai disaat saya masih bekerja. Pada saat itu, saya membaca terkait dukungan Pemerintah kepada pelaku Usaha Mikro dan Menengah (UMKM).  Di sisi lain, seringnya saya berkunjung ke rumah Ibu saya ada dampak yang positif. Saya melihat hobi Ibu saya merajut yang menghasilnya beberapa karyanya seperti tas rajut, syal, bahkan sepatu bayi. Ibu mendapatkan pesanan dari sekitar rumahnya. Beliau pun dibantu oleh asisten melayani pesanan dari teman -- teman nya. Wah ini peluang bagus, kenapa tidak saya bantu memasarkan dan mengembangkan hobi Ibu saya.

Untuk memperluas jaringan pembeli tidak hanya di komunitas pertemanan, saya pun mulai membangun toko secara online karena membaca peluang perkembangan teknologi digital. Ya bagaimana mungkin kita bisa menjual produk secara langsung sementara kegiatan tatap muka dibatasi akibat pandemi Covid-19. Memulai kembali membangun toko online di tiga marketplace terbesar di IndonesiaToko online saya Risnov Store terbagi menjadi beberapa kategori: risnov noodles (untuk lini produk mie kering dan mie sehat), risnov preloved (untuk produk layak pakai), dan risnov crafting (tas rajutan karya Ibu saya).

Dokpri. Risnov Crafting
Dokpri. Risnov Crafting

Untuk mengirimkan produk yang saya pasarkan tentunya peran ekspedisi sangatlah penting. Melalui dua marketplace, konsumen ditawarkan berbagai jenis ekspedisi untuk pengiriman produk saya yang mereka beli. Saya tidak dapat memaksa konsumen untuk memilih ekspedisi tersebut, namun apabila sedari awal ada komunikasi antara saya dengan pelanggan saya, saya selalu menyarankan menggunakan JNE. Apabila ada pesanan personal ataupun pesanan melalui salah satu marketplace yang membebaskan ekspedisi pengiriman pasti saya merekomendasikan JNE. Saya lahir pada masa masih sedikitnya jasa ekspedisi yang ada di Indonesia, secara tidak langsung saya turut menjadi bagian dari perjalanan JNE Maju Indonesia.  Patut diapresiasikan, JNE 31 tahun berpengalaman, konsistensi dalam kegiatan usahanya, dan semakin bagusnya standarisasi pelayanan yang diberikan oleh JNE terhadap pelanggannya.

Saya merasa terbantu dengan JNE. Contohnya pada saat saya harus menerima pesanan pertama kali pada salah satu produk Risnov Crafting. Ya, karena ketidaktahuan saya, pertama kali tas tersebut hanya dibungkus kantong kresek. Sesampai di outlet JNE terdekat, saya kebingungan. Disaat itu, dengan sigapnya pegawai JNE menyapa dan menanyakan keperluan saya. Menanyakan apa isi dari paket yang akan saya kirimkan dan menawarkan packaging yang lebih bagus, yaitu menggunakan dus, bahkan memberi saran -- saran bagaimana mengemas produk dengan baik. Dan produk saya pun sampai ke pelanggan dengan baik, tanpa ada kerusakan dan tepat waktu. Tidak hanya JNE Express, JNE menawarkan berbagai jenis pengiriman yang disesuaikan dengan jenis paketnya. suatu saat ada pesanan dari Hongkong untuk Risnov Crafting ini. Tanpa berfikir lama, sayapun mengirimnya menggunakan JNE. Adapun pemesanan risnov noodles dengan koli banyak, JNE menawarkan  jasa pengiriman JNE logistic. 

Peran JNE menunjang perekonomian Indonesia pada level bisnis saya, yaitu UMKM, menjembatani kebutuhan stakeholder dengan menjangkau wilayah pelayanannya tidak hanya di wilayah Indonesia bahkan di Luar Negeri seperti Hongkong. Dengan harga kompetitif, JNE mampu memberikan pelayanan terbaiknya.  Berbagai kemudahan pembayaran ongkos kirim serta diskon dari berbagai merchant pun JNE berikan untuk memanjakan pelanggan nya. Wow, dari JNE lah saya belajar banyak bagaimana melayani pelanggan yang membeli produk saya. Dari JNE lah saya belajar customer journey itu ternyata berpengaruh terhadap perjalanan bisnis kecil saya ini. Dengan standarisasi pelayanan pagawai JNE sesuai dengan standar protokol kesehatan, JNE berikan tidak hanya sejak saya tiba di outlet pengiriman, aplikasi JNE Tracking sehingga bisa menelusuri perjalanan paket kita, namun saya pun dimanjakan dengan kemajuan teknologi melalui aplikasi mobile JNE yaitu JNC (JNE Loyal Card). Setiap paket yang kita kirimkan diakumulasikan point-point yang dapat ditukarkan dengan berbagai benefit. Disinilah terlihat nyata JNE berperan untuk berkontribusi menunjang kebutuhan usaha di era digital ini.

Kalau saya bisa kutip, ada pernyataan dari Peter F. Drucker, seorang konsultan manajemen, pendidik, dan penulis Austria-Amerika, yang tulisannya berkontribusi pada fondasi filosofis dan praktis dari perusahaan bisnis modern : "the purpose of business is to create and keep a customer". Ya, pengalaman saya, JNE terus menerus memperbaiki diri demi memberikan yang terbaik bagi pelanggan baru ataupun pelanggan setia nya. Inilah titik point dimana bisnis ekspedisi seperti JNE bisa bertahan lama di industri kurir ekspedisi hingga 31 tahun. Selamat ulang tahun #JNEMAJUINDONESIA

#jnecontentcompetition2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun