Brebes. 03 Juni 2023, Narista Trisnawati merupakan salah satu mahasiswaKelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Negeri Semarang dibawah arahan Dosen Pembimbing Prof.Dr. Isti Hidayah, M.Pd. dan Dr. Tri Suminar M.Pd. melaksanakan program kerja yang bertempat di RT I RW 1 Desa Sigambir Brebes. Program yang diberikan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan warga sekitar mengenai pengemasan produk.
Pengemasan produk adalah salah asatu tahap paling penting dalam proses produksi. Pengemasan produk sendiri memiliki fungsi untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada suatu produk. Selain berfungsi untuk melindungi produk dari kerusakan, pengemasan produk berfungsi untuk menarik perhatian dari konsumen melalui kemasan desain yang kreatif dan menarik.
Hal yang tidak kalah penting dari pengemasan produk adalah penggunaan logo dalam kemasan tersebut. Logo dalam kemasan menjadi pembeda atau identitas untuk produk tersebut. Logo juga menjadi pengingat produk bagi konsumen.
Sosilaisai ini mendapat respon positif dari para peserta terutama para peserta yang memiliki usahan, diaman mereka bisa mendapatkan pengetahuan baru untuk mengembangkan usaha mereka. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki usaha untuk meningkatkan nilai jual produk mereka.
Dalam pelatihan ini dijelaskan mengenai berbagai media untuk pengemasan produk antaranya ada yang menggunakan bahan alam seperti daun pisang, mengggunakan kardus, plastic, kayu, dan toples. Selanjutnya dijelaskan bagaimana memilih kemasan untuk suatu produk yang harus memeperhatikan sisi ergonomis, keamanan, dan estetika. Unsur ergonomis unsur kemanan dan kenyamana dalam memilih kemasan dan unsur estetika adalah unsur keindahan dalam kemasan. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan mengenai pengemasan produk yang ramah lingkungan.
Setelah mengetahui berbagai jenis pengemasan produk para peserta mendapatkan sosialisasi pentingnya logo dalam pengemasan produk. Peserta mendapatkan tips membuat logo yang menarik, dalam memilih atau membuat logo perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah pilihlah desain yang sederhana dengan memeperhatikan pemilihan warna, font, dan tagline. Selanjutnya dalah menggunakan warna yang cerah atau warna yang sesuai dengan produknya. Peserta juga ditunjukan bebrapa aplikasi untuk membuat logo seperti canva dan reverensi bentuk logo menggunakan pinteres, perserta juga diajarkan untuk mencetak logo melalui e-commers untuk mendapatkan harga yang lebih murah untuk pencetakan dalam jumlah yang banayak
Sesi terakhir dari sosialisasi ini adalah praktik langsung pengemasan produk yaiti mengemas kue bawang menggunaka plastic standing pouch yang juga diberikan contoh logo untuk suatu produk sehingga para peserta dapat mendapatkan gambaran secara langsung mengenai logo dan kemasan produk yang menarik.
Dari sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai pengemasan produk dan pentingnya logo dalam suatu produk dan dapat meningkatkan nilai jual untuk mereka yang sudah memiliki usaha.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H