Mohon tunggu...
Naricca UsnulKhotimah
Naricca UsnulKhotimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prodi S1 Manajemen 2020

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

UMKM Harus Go Digital untuk Mendapatkan Keuntungan Besar

21 Mei 2023   03:29 Diperbarui: 21 Mei 2023   06:06 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan bisnis digital di Indonesia kini telah tumbuh pesat, semenjak adanya wabah Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun dan menyebabkan mobilitas masyarakat terbatas telah mendorong munculnya kreativitas dan inovasi. Salah satunya, kian maraknya bisnis berbasis digital. Bagi pelaku usaha, adaptasi dan melakukan kreasi dengan pendekatan digital kini sudah merupakan keharusan. Bila pelaku usaha mampu beradaptasi, bahkan mampu menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnisnya, merekalah yang mampu tetap survive di era digital.

Sebenarnya apa sih UMKM go digital itu? UMKM go digital yang dimaksud yaitu bisnis rumahan yang memiliki sistem operasi pemasaran atau penjualan dilakukan melalui jaringan internet dengan menggunakan platform digital atau bisnis online.

Dikarena platform digital memiliki banyak jaringan yang bisa di akses kepada semua pelanggan pengguna internet. Sebelum mengembangkan bisnis atau usaha lebih luas secara online, bagi pelaku bisnis harus memahami bagaimana cara menggunakan platform digital secara cepat dan tepat untuk produk bisnisnya, bagaimana cara mengatur strategi pemasaran produk secara online, bagaimana supaya lebih cepat beradaptasi bisnisnya dengan trend digitalisasi sehingga bisnis rumahan mampu berkembang lebih cepat dan bertahan. Ada beberapa media yang dapat digunakan UMKM untuk melakukan bisnis nya yaitu website, social media, email marketing dan lain sebagainya.

Berikut beberapa alasan mengenai umkm harus go digital :

Untuk menjangkau pasar yang luas, maksudnya yaitu memanfaatkan ekosistem digital adalah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sejak dari dulu memang menjadi kendala utama bagi bisnis kecil.

Meminimalisir hilangnya target pasar, maksudnya yaitu kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi, pesan makanan secara, transaksi, hingga belanja kebutuhan secara online.

Pengguna internet pada sekarang semakin melonjak, hamper keseluruhan masyarakat Indonesia menggunakna internet salah satunya dalam hal berbelanja sehingga umkm sangat diharuskan untuk mampu mengikuti perkembangan zaman agar bisnis tetap berkembang.

Biaya pemasaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa memanfaatkan platform email yang bisa mengirim pesan ke ribuan orang sekaligus dalam beberapa kali klik. Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa efektif kampanye yang dilakukan berkat adanya fitur analytics yang merekam setiap respon dari pelanggan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun