Mohon tunggu...
Naraya Syifah
Naraya Syifah Mohon Tunggu... Penulis - Perempuan Penggembala Sajak

Tidak ada yang istimewa dari Naraya Syifah, ia hanya seorang gadis kampung yang sederhana, putri sulung dari keluarga sederhana yang disimpan banyak harapan di pundaknnya. Ia memiliki kepribadian mengumpulkan sajak di pelataran rumahnya. Pernah tergabung dalam beberapa komunitas literasi dan alhamdullilah saat ini sebagai penggerak literasi di kabupaten Subang. Ia menjalankan komunitas Pena Cita bersama teman-teman sehobinya. Kecintaannya pada literasi menghantarkannya sampai di sini. Semoga awal yang baru ini dapat lebih mengembangkan tulisannya dan merubah hidupnya. Selain menulis ia juga tergila-gila dengan K-drama yang dapat menginspirasi nya dalam menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Sistem Manajemen Transportasi terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Industri Logistik

3 Juli 2024   16:06 Diperbarui: 3 Juli 2024   16:10 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dampak Sistem Manajemen Transportasi terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Industri Logistik

Industri logistik memainkan peran vital dalam perekonomian global, menghubungkan produsen dengan konsumen dan memastikan barang sampai di tujuan tepat waktu. Salah satu komponen kunci dalam industri ini adalah Sistem Manajemen Transportasi (Transport Management System atau TMS).

TMS adalah solusi perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengoptimalkan pergerakan barang. Penerapan TMS yang efektif dapat berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artikel ini akan menguraikan bagaimana TMS mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam industri logistik.

Peningkatan Efisiensi Operasional

Salah satu manfaat utama dari TMS adalah peningkatan efisiensi operasional. TMS memungkinkan perusahaan untuk merencanakan rute yang paling efisien, mengurangi waktu dan biaya pengiriman. Dengan optimasi rute, kendaraan dapat menghindari kemacetan dan memilih jalur yang lebih cepat dan lebih hemat bahan bakar.

Efisiensi ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga memastikan barang sampai ke pelanggan lebih cepat. Pelanggan yang menerima barang mereka tepat waktu cenderung lebih puas dengan layanan yang diberikan.

Peningkatan Transparansi dan Pelacakan

TMS menyediakan fitur pelacakan yang memungkinkan pelanggan untuk memantau status pengiriman barang mereka secara real-time. Transparansi ini memberikan rasa aman kepada pelanggan, karena mereka dapat mengetahui posisi barang mereka setiap saat.

Selain itu, jika terjadi keterlambatan, pelanggan dapat diberitahu lebih awal dan diberikan estimasi waktu kedatangan yang baru. Informasi yang akurat dan transparan ini meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan logistik dan meningkatkan tingkat kepuasan mereka.

Manajemen Biaya yang Lebih Baik

Dengan menggunakan TMS, perusahaan dapat mengelola biaya transportasi dengan lebih baik. TMS membantu dalam negosiasi tarif dengan penyedia jasa transportasi dan memungkinkan perusahaan untuk memilih penyedia dengan biaya yang paling efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun