Sukabumi - Application letter atau dalam bahasa Indonesia adalah Surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen prasyarat  utama yang harus dilampirkan pada saat siapapun ingin melamar pekerjaan. Buat kalian yang sekarang menjelang lulus, baik level SMA atau level selanjutnya tentunya pengetahuan mengenai surat lamaran pekerjaan itu sangatlah penting. yuuk kita cari tahu secara detail mengenai Application letter
A. Definition of Application Letter (Pengertian Surat lamaran Kerja)
Application letter is a document that consist of detailed information about your identity, personality, skills, educations and experience to an employer.. Surat lamaran pekerjaan adalah sebuah dokumen yang berisikan informasi detail mengenai segala hal pelamar, kepribadian, kemampuan, pendidikan dan juga pengalaman pekerjaan.  Application letter also known as cover letter , because this document should be placed on the top of other document. pada saat melamar pekerjaan, selain surat lamaran pekerjaan, tentu ada dokumen lainnya dong yang harus disertakan mulai dari  kartu Identitas Diri, Pas poto, Surat kelakuan Baik, Ijazah, serta Sertifikat-sertifikat lainnya. Semua dokumen tersebut dilampirkan di bawah surat lamaran pekerjaan. Penempatan surat lamaran kerja di paling atas sebagai covernya.Â
Surat lamaran kerja ini berisi minat, kualifikasi dan pengalaman khsus yang relevan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Surat lamaran pekerjaan yang baik bisa menarik perhatian dari prekrut atau HRD. Pastikan surat ini berisikan hal-hal yang menyoroti profil diri yang menarik,  pencapaian,  keahlian, serta  keunggulan diri yang bernilai jual tinggi. So, buat kamu-kamu yang mau membuat surat lamaran pekerjaan pastikan buat sebaik dan semenarik mungkin.
B. Function (Fungsi dari surat lamaran Pekerjaan)
Surat lamaran pekerjaan yang kita buat akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan apakah kita layak atau cocok  sesuai dengan posisi atau jabatan yang dibutuhkan. maka dari itu pastikan ketika membuat surat ini, maka kualifikasi, pendidikian, skill, pengalaman dan juga kepribadian kita sesuai dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Jadi fungsi dari surat lamaran pekerjaan adalah untuk meyakinkan perusaaan bahwa kita adalah kandidat yang cocok dan memnuhi syarat yang dibutuhkan perusahaan ( Intended to convince the employer on we are qualified candidat for the position)
C. Structures (Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan)
Secara umum terdapat 9 bagian dari Surat lamaran pekerjaan
1. Applicant Address atau Sender Address ( Alamat pelamar)
in this part consist of the name, address, phone number or email of applicant. pada bagian ini pastikan seorang pelamar menuliskan alamat lengkap mulai dari nama, alamat, serta nomor HP atau email. contohnya seperti berikut :
                Sri Wahyuni, S.Pd