BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
       Menurut Dirgantara W. dan Iswan (2019) Hasil belajar  dalam konteks ini adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar - pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Hasil belajar  dalam kerangka ini meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar peserta didik banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Baik berasal dari dalam dirinya (internal) maupun dari luar dirinya (eksternal), hasil belajar yang dicapai peserta didik pada hakikatnya merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor tersebut.
      Hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan peserta didik yang kurang aktif dan model pembelajaran yang digunakan guru masih monoton dan belum bervariasi. Guru belum paham dalam penggunaan model-model pembelajaran yang inovatif. Metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan keingintahuan peserta didik yang rendah dalam mengikuti pembelajaran. Serta media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik.
     Seorang pendidik atau guru dituntut harus mampu membuat pembelajaran yang menyenangkan agar bisa meningkatkan semangat belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat dalam pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik seperti pembelajaran berbasis masalah yaitu Problem Based Learning (PBL) yang merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang bisa membantu peserta didik untuk belajar lebih aktif dan meningkatkan keterampilan peserta didik.Â
Salah satu strategi atau metode yang bisa diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah dengan memaksimalkan media pembelajaran. Media pembelajaran penting dalam meningkatkan proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran denghan lebih baik dan sempurna. Canva bisa menjadi alternatif bagi guru yang ingin mengembangkan media ajar berbasis online.
B. Rumusan Masalah
Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan Media Canva dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik?
C. Tujuan
Meningkatkan Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem base learning (PBL) dengan berbantuan media pembelajaran canva.
D. ManfaatÂ
1. Meningkatkan hasil belajar peserta didik
2. meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajran
3. peserta didik lebih semangat dalam menerima pemjelasan yang diberikan oleh guru
BAB II PEMBAHASAN
       Guru melakukan eksplorasi penyebab masalah terkait rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu guru yang belum maksimal dalam mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif serta media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik. Berdasarkan dari hasil kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat serta pakar terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami yakni rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran berbasis canva.
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), peserta didik dituntut untuk menanggapi, mengingat, memecahkan persoalan, menganalisis dan mengambil keputusan dalam kelompok. Hal ini dapat meningkatkan aktivitas mental peserta didik. Ketika aktivitas mental siswa meningkat, maka aktivitas berpikirpun juga meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik sehingga berpengaruh kepada peningkatan hasil belajar kognitifnya.Â
Sorang pendidik atau guru  harus mampu membuat pembelajaran yang menyenangkan agar bisa meningkatkan semangat belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat dalam pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi. Salah satu strategi atau metode yang bisa diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah dengan memaksimalkan media pembelajaran. Media pembelajaran penting dalam meningkatkan proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran denghan lebih baik dan sempurna
Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil evaluais yang dilaksanakan diakhir pembelajaran. hal ini sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Winda N.A. dkk (2020) yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    Setelah menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang akan diajarkan, langkah selanjutanya adalah guru membuat rencana perangkat pembelajaran seperti modul ajar, bahan ajar, LKPD, refleksi dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lengkap dengan tahapan-tahapannya yaitu orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Husnul Hotimah, 2020).
Fase 1: Orientasi Peserta Didik
Guru menyajikan masalah nyata berupa artikel kepada peserta didik. Dalam tahap ini guru langsung menyajikan sebuah masalah. Caranya dengan mengajak peserta didik untuk mengamati, mencerna dan memahami suatu fenomena baik langsung (kongkrit) ataupun tidak langsung (video, gambar ataupun artikel). Dari kegiatan ini peserta didik diminta untuk menetapkan masalah.
Fase 2 : Mengorganisasikan Peserta Didik
Pada tahap ini guru membagi peserta didik ke dalam kelompok yang heterogen, memberikan LKPD yang beriskan masalah dan mendorong peserta didik untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya masing-masing.
Fase 3 : Membimbing Penyelidikan Individu Dan Kelompok
Tahap ini, guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan data/informasi yang berkaitan dengan materi untuk menjawab pertanyaan di LKPD dari berbagai sumber informasi. Pada fase ini peserta didik mengerjakn LKPD dengan anggota kelompoknya.
Fase 4 : Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil
Guru meminta masing-masing kelompok  untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Peserta didik yang lain diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil presentasi temannya.
Fase 5 : Menganalisis Dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
Pada tahap ini guru memberikan penguatan materi dan informasi tambahan yang berkaitan dengan presentasi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi yang dipelajari.
    Strategi pembelajaran yang  sesuai dengan permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik peserta didik yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
BAB III PENUTUP
    Pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran berbasis canva sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik setelah melakukan evaluais diakhir pembelajaran serta dapat dilihat dari keaktifan peserta didik selama kegiatan pembelajaran dan pada saat mempresentasikan hasil diskusinya. Keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh penguasaan guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat serta pemanfaatan media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar.
DAFTAR PUSTAKA
Dirgantara Wicaksono dan Iswan. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis  Masalah Di Kelas Iv Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD. Vol 3 No. 2
Husnul Hotimah. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Eduksi. Vol VII Nomor 3
Winda Nirwana. A, dkk. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo. Jurnal Ijis Edu. Vol 2 Nomor 1
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H