Mohon tunggu...
Nabil novary
Nabil novary Mohon Tunggu... Guru - Moodie@~

Mood

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PKM Penyuluhan Pengaruh Game Online terhadap Minat Belajar Siswa SMA Triguna Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

1 Juli 2022   18:12 Diperbarui: 1 Juli 2022   18:18 549
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah salah satu Kegiatan sosial yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Universitas Pamulang, khususnya mahasiswa Prodi PPKn, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa tingkat akhir, adapun manfaatnya diadakan Kegiatan PKM bagi para siswa, khususnya siswa di SMA Triguna utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu agar lebih memberikan perhatian kepada siswa mengingat pengaruh game online dan dampak dari kecanduan Game Online tersebut.

Game online ini merupakan permainan modern yang sudah menjadi trend untuk masa sekarang dan peminatnya dimulai dari anak-anak sampai usia dewasa, dan anak  dianggap  lebih sering dan rentan terhadap penggunaan permainan game online dari pada orang dewasa, Problematika minat belajar pada siswa sekarang ini semakin kompleks termasuk pada game online berkembang pada dinamika  masyarakat kita khususnya di Indonesia, maka dari itu  asumsi yang ada pada minat belajar yang dapat dilihat dengan prestasi dan prespektif kognitif dari siswa, baik siswa sekolah dasar sampai pada mahasiswa perguruan tinggi.

Maka dari itu kami mengadakan sebuah kegiatan sosial atau PKM ini sebagai penyuluhan untuk siswa, agar siswa dapat mengerti dampak bahaya dari bermain Game Online agar prestasi belajar dan Minat belajar mereka meningkat, sebab Anak yang mengalami ketergantungan pada aktivitas games, akan mempengaruhi  minat  belajar  sehingga  mengurangi waktu belajar dan mengurangi  konsentrasi  serta  fokus  belajar  anak.  Dan faktanya perkembangan teknologi dan adanya game online menurunkan minat belajar siswa.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 13 April 2022 dan telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan juga Guru Pamong kami selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung, Kegiatan yang diadakan berlangsung lancar tanpa hambatan, Kegiatan ini diadakan seusai pulang sekolah di dalam ruang kelas dengan siswa pilihan yang kami pilih secara Random, siswa tampak senang dengan diberikan sebuah pengenalan dampak serta bahaya dari bermain Game Online, acara PKM berlangsung dengan asik dan santai setelah beberapa siswa mengajukan sebuah pertanyaan kepada kami, dan dengan lugas kami pun menjawabnya.

Materi PKM disajikan melalui Power Point yang diproyeksikan didepan kelas, Pada kegiatan awal acara kegiatan PKM dimulai dengan sambutan sekaligus Moderator acara dari Mc Nurabdian, kemudian disambung oleh Pemateri, Agt. Fitri Ampuni dan juga Meilisa Riski Amalia & Nabil Novary sebagai sie Dokumentasi, acara yang diadakan selama 60 Menit dengan kelas yang sangat kondusif.

Dikegiatan Inti Pemateri memberikan arahan yang sangat baik kepada pada siswa yang hadir dengan sebuah sentuhan Pertanyaan, dan siswa pun dengan mudah menjawabnya selanjutnya disediakannya sesi pertanyaan bagi siswa yang mau bertanya, dan kami juga sudah menyiapkan sebuah doorprize berupa kenang kenangan dari kami bagi siswa yang berprestasi yakni siswa bertanya dan menjawab. Dan pada bagian akhir yaitu sesi photo, siswa tampak gembira dan riang saat kami berfoto -- foto didepan kelas,

Diakhir acara sehabis sesi foto, siswa berdoa dan pulang kami menyiapkan sebuah Reward berupa Plakat untuk guru pamong PPL, Plakat tersebut kami berikan sebagai ucapan terima kasih kami kepada Pihak SMA Triguna Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah memberikan kesempatan bagi kami para Mahasiswa UNPAM untuk mengisi sebuah acara kegiatan PKM di sekolah tersebut.

Semoga Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam bidang Pendidikan, khususnya bagi kami mahasiswa mendapatkan pengalaman yang begitu berharga, dan bagi siswa mendapatkan sebuah pengetahuan dan wawasan tentang pengaruh game online terhadap minat belajar siswa, semoga ini untuk suatu pembelajaran dan dapat mengantisipasi kedepannya bagaimana penggunaan game online dalam kehidupan sehari-hari.

Kami  juga  mengucapkan  terima  kasih  yang  sebesar-besarnya kepada pihak sekolah yang telah mengizinkan kami melakukan kegiatan PKM di sekolah SMA TRIGUNA UTAMA UIN SYARIF HIDAYATULLAH. Atas  dukungan dan  partisipasinya  semua  pihak, kami ucapkan terima kasih. Semoga Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat berguna bagi Prodi PPKn Universitas Pamulang.

Dokumentasi   : Meilisa & Nabil

Penulis            : Nabil

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun