Yuk para pendidik gunakan media pembelajaran untuk menghidupkan suasana kelas!
Keberhasilan  proses  belajar  mengajar  merupakan  faktor  utama  dari  keberhasilan  tujuan pendidikan  secara  umum  (Widoyoko,  2009).  Salah  satu  faktor  keberhasilan  belajar  ialah  peranan seorang guru (Kwakman, 2003). Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan minat belajar anak. Guru  menjadi  pusat  dan  awal  dari  semua  pembangunan  pendidikan. Â
Guru  merupakan  ujung tombak  dalam  meningkatkan  kualitas  pendidikan,  dimana  guru  akan  melakukan  interaksi  langsung dengan peserta didik dalam pembelajaran di ruang kelas (Korthagen, 2000). Bagi pelajar Indonesia mata pelajaran IPS merupakan pelajaran yang sangat membosankan sehingga perlu adanya hal yang menarik agar ruang kelas menjadi lebih hidup salah satu caranya dengan menggunakan media ajar. Media yang akan digunakan kali ini yaitu Media Roda Putar.
Fitur yang ada pada media ini yaitu buku panduan, panah petunjuk, papan roda putar, undian maju, pertanyaan.Â
Berikut Skenario Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar:
1. Â Â Peserta dibagi ke dalam 3 kelompok besar
2. Â Â Tiap perwakilan kelompok mengambil undian antrean maju
3. Â Â Kemudian perwakilan kelompok maju bergantian
4. Â Â Kelompok memutar papan roda putar
5. Â Â Menunggu papan berhenti
6. Â Â Jika petunjuk panah menunjukkan mendapat angka maka menjawab soal, apabila mendapat kesempatan dan dana umum boleh minta bantuan kepada teman, apabila mendapat zonk maka giliran kelompok lawan yang maju.
7.   Peserta didik membaca pertanyaan  dan langsung menjawab pertanyaan
Sumber:
Korthagen, F. A. J. (2000). Teacher educators: From neglected group to spearhead in the development of   education. Trends   in   Dutch   teacher   education,35-48.   Retrieved   from   : http://research.vu.nl%3Apublications%2F36077c19-3faa-4c32-8bc4-d347545d0aa5
Kwakman,  K.  (2003).  Factors  affecting  teachers'  participation  in  professional  learning  activities. Teaching   and   Teacher   Education, 19(2),   149-170. http://dx.doi.org/10.1016/S0742-051X(02)00101-4
Widoyoko,  E.  P.  (2009).Evaluasi  program  pembelajaran(Vol.  91).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Retrieved from : http://umpwr.ac.id/download/publikasiilmiah/Evaluasi%20Program%20Pembelajaran.pdf
Kelompok 03
Mata Kuliah Design Thinking
PPG Prajabatan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI