Bantul (MTs N 6 Bantul) -Di awal masuk semester kedua, guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Â pada Rabu, 15 Januari 2025 mengadakan sesi refleksi pembelajaran bersama siswa di MTsN 6 Bantul dikelas 8. ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah berlangsung selama satu semester dan mendengarkan secara langsung pengalaman serta harapan siswa mengenai cara mengajar yang diterapkan.
Refleksi dimulai dengan kegiatan tanya jawab terbuka, di mana siswa diminta untuk berbicara secara jujur tentang proses pembelajaran yang telah mereka jalani. Dengan suasana yang hangat dan terbuka, para siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka mengenai cara guru mengajar, materi yang diajarkan, serta metode yang digunakan selama ini.
"Selama satu semester, saya merasa lebih mudah memahami materi IPS karena guru selalu memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari," ujar Aisyah, salah satu siswa kelas VIII. "Tapi, ada juga beberapa topik yang menurut saya terlalu banyak hafalan, dan kadang membosankan kalau tidak ada diskusi atau aktivitas yang lebih interaktif."
Selain itu, beberapa siswa juga mengungkapkan harapan mereka untuk pembelajaran IPS di masa depan. Mereka berharap agar materi pelajaran bisa lebih disesuaikan dengan perkembangan zaman, dan lebih banyak menggunakan teknologi atau media pembelajaran yang menarik, Syukur Syukur dengan pemutaran film.
"Saya ingin belajar IPS dengan cara yang lebih seru, mungkin bisa lebih banyak diskusi kelompok atau penggunaan video dan teknologi lainnya agar lebih mudah dipahami," tambah Rina, siswa lainnya.
Guru IPS yang memimpin refleksi tersebut, Bapak Ma'mur  menyambut baik masukan dari para siswa. "Sesi refleksi ini sangat penting agar kami sebagai pengajar bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, kami dapat beradaptasi dan meningkatkan kualitas pengajaran untuk kedepannya," ungkap Bapak Ma'mur. Mafrudah juga memberikan apresiasi Langkah tersebut agar siswa
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta hubungan yang lebih baik antara guru dan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif. Refleksi pembelajaran semacam ini akan terus dilaksanakan secara berkala agar setiap aspek pembelajaran dapat dievaluasi dan diperbaiki demi kemajuan bersama.(amp)
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H