Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi secara terencana sehingga siswa mampu belajar secara efektif dan efisien. Guru harus memilih media pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, karena tidak semua media pembelajaran cocok untuk kabutuhan siswwa.
Hari ini siswa kelas 3 SDN Cikoneng melakukan pembelajaran menggunakan ular tangga raksasa. Ular tangga raksasa dipilih sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 3 SDN Cikoneng karena karakteristik siswa kelas 3 cenderung lebih aktif saat proses pembelajaran berlangsung.
video pembelajaran menggunakan ular tangga raksasa
Media pembelajaran ular tangga termasuk kedalam salah satu model pembelajaran inovatif yaitu Game Based Learning (GBL) yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Langkah-langkah kegiatan bermain ular tangga raksasa yaitu (1) Siswa dikelompokan menjadi beberapa kelompok. (2) Dalam setiap kelompok terdiri dari 2 orang pion, pengocok dadu, dan siswa yang mengambil soal. (3) Siswa yang menjadi pion diperbolehkan bermain jika dadu yang pertama kali di kocok berangka 6. (4) Ketika kotak dadu dilempar, maka kelompok tersebut wajib menjawab pertanyaan yang sudah di sediakan, jika benar maka diberi skor 100. (5) Permainan berlanjut hingga ke kelompo selanjutnya. (6) Kemudian guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran menggunakan media ular tangga raksasa, serta menentukan kesimpulan terhadap hasil pembelajaran.
Pembelajaran menggunakan media pembelajaran ular tangga raksasa mampu membuat pengetahuan siswa menjadi luas, karena soal yang diberikan tidak hanya berkaitan dengan mata pembelajaran saja, tetapi juga terdapat pengetahuan umum yang mampu menambah wawasan siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H