Mohon tunggu...
Nanda Nurus Sholihin
Nanda Nurus Sholihin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 UIN Maulana Malik Ibrahim Kota Malang

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Teori Pavlov dalam Perkembangan Anak, Memahami Pembentukan Perilaku melalui Kondisioning Klasik

26 September 2024   11:36 Diperbarui: 26 September 2024   11:43 625
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan anak adalah proses dinamis yang melibatkan aspek fisik, kognitif, emosional, dan sosial. Setiap anak melewati tahapan perkembangan yang unik, dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk genetik, lingkungan, dan pengalaman sehari-hari. Salah satu teori psikologi yang memberikan wawasan berharga tentang bagaimana anak belajar dan berkembang adalah teori kondisioning klasik dari Ivan Pavlov, yang awalnya ditemukan melalui eksperimen pada anjing. Meskipun teori ini pertama kali dikembangkan dalam konteks hewan, pemahaman mengenai respons yang dikondisikan dapat diaplikasikan secara relevan dalam perkembangan anak, terutama dalam hal pembentukan perilaku dan respons emosional terhadap rangsangan tertentu. Artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana teori Pavlov dapat diterapkan dalam konteks perkembangan anak, serta bagaimana teori ini membantu menjelaskan aspek-aspek tertentu dari proses belajar mereka.

Teori Kondisioning Klasik Ivan Pavlov

Teori kondisioning klasik Pavlov muncul dari eksperimennya yang terkenal dengan anjing. Dalam eksperimen tersebut, Pavlov mengamati bahwa anjing tidak hanya mengeluarkan air liur ketika diberi makan, tetapi juga ketika mereka mendengar bel yang diasosiasikan dengan makanan. Proses ini dikenal sebagai kondisioning klasik, di mana stimulus netral (bunyi bel) menjadi stimulus yang dikondisikan setelah diasosiasikan dengan stimulus yang tidak dikondisikan (makanan), sehingga menghasilkan respons yang dikondisikan (air liur).

Proses ini memiliki empat elemen dasar:

1. Stimulus Tidak Terkondisikan (Unconditioned Stimulus, UCS) : Stimulus yang secara alami dan otomatis memicu respons, seperti makanan yang membuat anjing mengeluarkan air liur.
2. Respons Tidak Terkondisikan (Unconditioned Response, UCR) : Respons alami terhadap UCS, seperti air liur yang keluar saat anjing melihat makanan.
3. Stimulus Terkondisikan (Conditioned Stimulus, CS) : Stimulus yang awalnya netral, tetapi setelah dikaitkan dengan UCS, akhirnya menghasilkan respons yang sama. Dalam eksperimen Pavlov, ini adalah bunyi bel.
4. Respons Terkondisikan (Conditioned Response, CR) : Respons yang diperoleh dari stimulus terkondisikan, seperti anjing mengeluarkan air liur saat mendengar bel.

Penerapan Teori Pavlov dalam Perkembangan Anak 

Pada manusia, khususnya anak-anak, prinsip-prinsip kondisioning klasik Pavlov memiliki relevansi yang besar. Dalam konteks perkembangan anak, respons emosional, perilaku, dan pembelajaran kognitif dapat dipengaruhi oleh proses kondisioning. Anak belajar melalui pengalaman sehari-hari di lingkungan mereka, dan teori Pavlov menjelaskan sebagian dari cara mereka bereaksi terhadap rangsangan baru atau rangsangan yang berulang.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan teori Pavlov dalam perkembangan anak:

1. Pembentukan Kebiasaan Melalui Pengulangan

Seperti yang dijelaskan dalam teori Pavlov, anak-anak dapat belajar melalui pengulangan. Misalnya, ketika seorang bayi terbiasa mendengar suara musik tertentu setiap kali waktunya makan, suara musik tersebut dapat menjadi stimulus terkondisikan. Setelah beberapa waktu, anak mungkin menunjukkan tanda-tanda lapar atau kegembiraan hanya dengan mendengar musik itu, karena mereka mengasosiasikannya dengan waktu makan.
Proses pembentukan kebiasaan melalui kondisioning klasik ini memainkan peran penting dalam perkembangan perilaku anak. Contoh lainnya adalah rutinitas tidur. Jika seorang anak selalu mendengar lagu pengantar tidur atau lampu redup sebelum tidur, mereka akan mengasosiasikan rangsangan ini dengan rasa mengantuk, memudahkan transisi mereka ke waktu tidur.

2. Respons Emosional pada Anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun