Saat ini para pemimpin perusahaan membutuhkan pemahaman yang lebih luas dan lebih sistemik tentang tantangan untuk membangun model bisnis yang dinamis dan berkelanjutan.
Kondisi ini memerlukan keseriusan para pemimpin perusahaan dalam melihat bisnis jauh ke depan serta peluang paling kuat untuk inovasi yang paling menguntungkan.
Para pemimpin perusahaan perlu memikirkan ulang apakah rencana dan model bisnis yang dijalankan sekarang masih relevan dan berkelanjutan di masa depan atau tidak.
Hal ini harus dipikirkan terlepas dari jenis dan skala industri, geografis, atau ukuran perusahaan. Tekanan yang menghantam saat ini memerlukan perluasan dan inovasi.
Rencana inovasi ini perlu dilakukan secepat mungkin untuk mengatasi tantangan lingkungan dan sosial yang signifikan. Dengan cara ini, perusahaan akan menciptakan sumber nilai dan keunggulan kompetitif baru untuk bisnis.
Fokus utama inovasi model bisnis adalah bagaimana penciptaan gagasan baru, yang pada gilirannya akan diimplementasikan ke dalam produk baru, proses baru.Â
Mengapa Penting untuk Menyoal Inovasi Model Bisnis Ini?
Tujuan utama proses inovasi model bisnis adalah memberikan nilai kepada konsumen yang lebih baik.
Selain pandemi, tantangan yang akan dihadapi adalah terbukanya batas wilayah dan batas persaingan, sehingga kegiatan bisnis akan head to head pada persaingan global yang bebas terbuka,Â
Dengan kondisi seperti itu maka hanya model bisnis yang kuat yang akan menang dan tetap bertahanÂ
Untuk itu model bisnis yang tepat dan disukai oleh konsumen harus diakui masih menjadi fitur utama dari sumber pendapatan perusahaan.Â