Setiap orang tentu memiliki aktivitas yang berbeda-beda di setiap harinya dengan aktivitas yang bermacam-macam juga. Banyak dari kita yang masih kesulitan untuk mengatur waktu karena kurang memahami skala prioritas yang dimiliki. Dan ada juga yang masih menunda-nunda pekerjaan, sehingga waktu yang ada pun terbuang sia-sia.Â
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa memanajemen atau mengatur waktu sebaik mungkin agar bisa menyelesaikan semua tugas dengan maksimal dan memanfaatkan waktu yang ada.
Adapun keterampilan dalam manajemen waktu yaitu dapat menentukan prioritas atau tahu skala prioritas (mana yang penting dan mendesak, atau mana yang penting tapi tidak mendesak), menetapkan tujuan dari setiap pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan, membuat jadwal yang tentunya tersusun dengan baik, pintar dalam mengambil keputusan, pengorganisasian, dan mengetahui betapa pentingnya setiap waktu yang dilalui.
Dengan kita memanajemen waktu dengan baik, dapat membuat kita melakukan pekerjaan lebih banyak dan lebih baik dengan cara yang produktif. Dilansir dari manajemen.uma.ac.id, terdapat beberapa hal tentang pentingnya manajemen waktu sehingga kita dapat terdorong untuk bisa mengatur waktu secara efektif dan meningkatkan produktivitas dengan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Hal ini tentu berkaitan erat dengan manfaat dari manajemen waktu yang baik.
1. Mengurangi stres
Dengan kita mengelola/mengatur waktu dengan baik, segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan stres yang dialami berkurang. Ketika tidak bisa mengelola waktu dengan baik tentu kita akan mudah lelah, merasa kewalahan, pekerjaan menjadi lebih lama dan sulit untuk diselesaikan. Begitupun sebaliknya, jika ada manajemen waktu yang baik, pekerjaan menjadi cepat selesai, waktu tidur tertata sehingga tidur menjadi nyenyak, dan pada akhirnya tingkat stres yang dimiliki berkurang.
2. Lebih banyak kebebasan waktu
Mengatur waktu yang efektif dapat membantu kita memiliki banyak kebebasan waktu, sehingga banyak pula kegiatan penting yang dapat dilakukan. Ketika sudah menyelesaikan satu pekerjaan, kita dapat memanfaatkan waktu yang lain untuk refreshing bersama teman maupun keluarga, mengembangkan potensi diri atau yang lainnya.
3. Fokus yang lebih besar
Ketika bisa fokus pada satu aktivitas, kegiatan, ataupun pekerjaan saja, tentu fokus yang dimiliki akan lebih besar. Daripada kita banyak menyelesaikan pekerjaan, tetapi tidak ada yang fokus dalam penyelesainnya. Hal itu tentu dapat menghambat selesainya pekerjaan dan hasilnya tidak maksimal.