Belajar adalah sebagai proses mencari ilmu pengetahuan, atau yang biasa di jumpai pada proses pembelajaran dilingkungan sekolah. Sedangkan masalah belajar didefinisikan sebagai suatu kondisi tertentu yang dialami oleh siswa sehingga dapat menghambat kelancaran proses untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan.
Pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik.
Berikut merupakan jenis-jenis masalah dalam Pembelajaran :
a. Sikap terhadap belajar
b. Motivasi belajar
c. Konsentrasi belajar
d. Mengolah bahan belajar
e. Menggali hasil belajar yang tersimpan
f. Rasa percaya diri siswa
g. kebiasaan belajar
h. Learning disorder atau kekacauan belajar
i. Learning difunction
j. Slow learner atau lambat belajar
Faktor-faktor yang mempengaruhi masalah dalam pembelajaran:
1. Faktor Internal : faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik, yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal meliputi kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, dan ketekunan.
2. Faktor ekaternal : faktor yang berasal dari peserta didik yang mempengaruhi belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat, keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Keluarga yang morat-marit, keluarga yang broken home sehingga kurang mendapat perhatian berpengaruh dalam hasil belajar peserta didik.
Adapun solusi dan langkah-langkah pemecahan masalah dalam pembelajran:
a. pengajaran perbaikan
b. progam pengayaan
c. peningkatan motivasi belajar
d. pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
e. layanan konseling individual