Mohon tunggu...
Nanda Fadila
Nanda Fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

Mahasiswi Universitas Mataram

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM: Dorong Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Kare-kare

17 Agustus 2023   23:56 Diperbarui: 24 Agustus 2023   13:55 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sosialisasi serta pemasaran jajanan kare-kare

Pringgarata 2023, kare-kare adalah salah satu jajan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula aren, jajanan kare-kare ini cukup digemari oleh beberapa kalangan, jajan tradisional kare-kare ini kerap kali di sajikan pada acara adat di lombok, salah satunya di acara merarik, begawe dan lain sebagainnya.

Peminat jajan kare-kare cukup banyak pada kalangan masyarakat, dan mereka masyarakat tidak segan-segan dalam hal pembelian kare-kare dalam sebuah acara besar, seperti yang dikatakan ibu Muhaimin salah satu umkm kare-kare " pembelian kare-kare bisa sampai 200 pcs perhari apabila ada acara adat, terutama acara merarik (pernikahan)" 

Terkait hal ini, kami datang dengan mendorong perkembangan umkm kare-kare melalui pemasaran digitalisasi dan perbaruan kemasan. Pemasaran melalui digitalisasi cukup memudahkan pembelian produk dan juga dalam hal pemasaran secara digital dapat lebih mengkoordinir pesanan yg masuk. Perbaruan kemasan produk ini juga agar para konsumen lebih tertarik dan produk lebih terlihat cantik untuk diperjual belikan.

survei pembuatan jajan kare-kare
survei pembuatan jajan kare-kare

Selain itu, untuk memberi kesan penasaran pada konsumen serta agar konsumen tertarik untuk mencoba produk ini, kami memberi nama produk kami dengan nama "Kare-Kare Nice " jajan kare-kare yang di kemas dengan packaging baru dijual seharga Rp 10.000 dengan 4 buah kare-kare di satu kemasan tersebut. Sedangkan harga jual sebelum packaging yang baru dijual oleh ibu Muhaimin dengan harga Rp 1000 per pcs. 

kemasan lama
kemasan lama

kemasan baru
kemasan baru

Pengembangan produk dan pemasaran kare-kare ini bertujuan untuk mengangkat nilai jual serta memperluas segmen pemasaran melalui digitalisasi, pemasaran dilakukan dengan cara memperbaiki kemasan dan perubahan metode pemasaran. Dalam upaya peningkatan pemasaran jajan kare-kare, kami KKN-PMD UNRAM membantu menyusun strategi untuk mengoptimalkan proses pemesanan dan pemasaran melalui akun media berupa Instagram official KKN Desa Pringgarata, melalui WhatsApp, dan Facebook.  

 Pengembangan pemasaran dengan metode pemasaran digitalisasi dan perbaruan kemasan, jajan kare-kare ini cukup banyak diminati oleh teman-teman yang berdomisili di Mataram, dalam pemasaran ini kami melakukan cash on delivery (COD ) untuk pemesanan di sekitaran Lombok Tengah dan Mataram. 

cash on delivery (COD) jajan kare-kare
cash on delivery (COD) jajan kare-kare

Hingga saat ini terhitung terjual sekitar 65 jajanan kare-kare dengan pengemasan baru, apabila dihitung per pcs maka yang terjual 260 pcs kare-kare untuk batch 1 dan 2. Dan saat ini kami membuka Batch ke-3 untuk penjualan kare-kare dengan kemasan baru bagi teman-teman yang belum berkesempatan mencicipi, pantau terus kkndesapringgarata23 dan akam diarahkan ke WhatsApp untuk pemesanan lebih lanjut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun