Mohon tunggu...
Nanda Arista Putri
Nanda Arista Putri Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa

mahasiswa Universitas PGRI Madiun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata KKN-T MBKM UNIPMA Kelompok 39 dalam Pengkat

23 Februari 2022   13:30 Diperbarui: 23 Februari 2022   13:32 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan  di Dusun Pepe, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan. Mulai dari mencari potensi apa yang ada di Dusun sampai dengan pengolahan dan pemasaran produk hasil potensi yang ada di Dusun tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

Dengan kondisi seperti sekarang ini banyak warga yang mengalami penurunan perekonomian, salah satunya UMKM. Maka dari itu, penulis merancang program kerja yang bertema kewirausahaan guna mendorong kreatifitas warga agar dapat bangkit dan menghadapi kondisi pandemi ini.

Tujuan dari program kerja yang dilakukan akan memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada sasaran supaya dapat menjalankan kegiatan mulai dari pengenalan potensi, cara mengelola, dan cara memasarkan produk.  Sasaran akan menjalankan program dengan membuat Keripik Pisang.

Olahan keripik pisang pada pasaran kurang memiliki variasi, sehingga mendorong kegitan ini untuk memberikan inovasi baru terhadap produk dengan cara memberikan aneka variasi rasa pada keripik pisang. Sehingga terciptanya variasi rasa baru pada keripik pisang yang dapat memikat pembeli untuk mencicipi keripik pisang dengan berbagai rasa yang terbaru.

Proses pembuatan keripik pisang diawali dengan cara mengupas pisang kemudian mengiris pisang secara tipis kemudian direndam dengan diberi penyedap rasa. 

Setelah direndam dengan penyedap rasa, irisan pisang lalu digoreng. Kemudian dilanjutkan dengan proses pemberian variasi rasa keripik pisang dengan cara mencampurkan bubuk perasa jagung manis dan gula putih. Pastikan mencampurkan bubuk perasa dengan merata. Setelah itu, kemas keripik pisang dengan plastik kemasan yang telah diberi label nama produk.

Dokpri
Dokpri

Pada proses pengemasan mahasiswa dari kelompok 39 melakukan pembaruan pada plastik kemasan produk keripik pisang. Tujuan dari dilakukannya pembaruan kemasan produk keripik pisang adalah agar konsumen dapat dengan mudah mengenal brand produk keripik pisang dan terlihat menarik oleh konsumen.

Kemudian untuk pemasaran keripik pisang dapat dilakukan melalui kios-kios, toko, maupun pasar. Sehingga jika ingin menikmatinya memang tidak sulit untuk mendapatkan produk keripik pisang ini. Keripik pisang juga memiliki harga jual yang cukup terjangkau sehingga banyak masyarakat yang menyukai camilan ini untuk dijadikan camilan. 

Potensi usaha produk keripik pisang juga sangat bagus sehingga tidak heran jika banyak yang memanfaatkan olahan bisnis keripik pisang. Dengan memanfaatkan kegiatan usaha  dengan menawarkan keripik pisang ternyata mampu mendatangkan omset yang lumayan tinggi.     

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun